Cari Vaksin Covid-19 Gratis, Menkes Ingin yang Aman untuk Lansia

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 612 2344543 cari-vaksin-covid-19-gratis-menkes-ingin-yang-aman-untuk-lansia-FuOX6pObIO.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

GUNA memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia, pemerintah harus mendatangkan 426 juta dosis vaksin Covid-19. Saat ini, Indonesia baru mendatangkan 3 juta vaksin dari Sinovac.

Oleh karena itu, Indonesia tidak hanya menggunakan kontrak pasti alias vaksin berbayar, namun juga opsi dari salah satunya dari vaksin COVAX/GAVI (organisasi multilateral WHO) yang merupakan vaksin gratis.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikit, mengatakan pengadaan vaksin Covid-19 sejauh ini masih dalam tahap diskusi bersama otoritas lainnya. Dia pun masih memilih vaksin apa yang mau Indonesia ambil dari vaksin jalur multilateral tersebut.

“Pilihannya adalah Pfizer, Moderna, dan Astrazeneca yang sudah dapat Emergency Use Authorization (EUA) dari negara asalnya dan satu lagi Novavax," papar Menkes Budi dikutip dari akun chanel Youtube resmi Sekretariat Presiden, Kamis (14/1/2021).

"Kami sekarang sedang berdiskusi dengan bapak Menko, jenis apa yang mau kita ambil karena vaksin-vaksin ini adalah vaksin yang bisa diberikan di atas usia 60 tahun,” tambah dia.

Sementara itu, untuk jadwal kedatangan vaksin gratis ini sendiri. Menurut informasi dari Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, kemungkinan bisa lebih cepat tersedia yakni pada kuartal 2 tahun ini atau disebut Menkes Budi, sekitar akhir Februari 2021.

“Vaksin gratis dari GAVI ini, either di akhir Februari atau awal Maret,” pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini