Lemari Pakaian Penuh? Yuk Atur agar Tak Berantakan

Highend, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 07:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 612 2344636 lemari-pakaian-penuh-yuk-atur-agar-tak-berantakan-CUedwekC0U.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BELANJA pakaian memang kerap dilakukan baik para perempuan maupun laki-laki. Apalagi, belanja pakaian dipermudah dengan adanya belanja online.

Tanpa sadar, lemari pun akan penuh, akibatnya akan membuang waktu Anda saat memilih baju yang hendak dipakai. Ketika mencari suatu baju tertentu yang terselip di timbunan baju dalam lemari, akan semakin membuat berantakan, dan Anda akan semakin enggan untuk membereskannya.

Inilah saatnya untuk beberes lemari Anda! Bingung mau mulai dari mana? Simak beberapa tips berikut seperti dilansir dari Highend!


Sortir Per-Kategori

Mulailah dengan menyortir koleksi pakaian Anda per kategori busana. Jika satu kategori mulai membludak jumlahnya, pecahkan lagi menjadi beberapa subkategori agar dapat dipilah-pilah.

Kategori-kategori pakaian diantaranya rok, celana, sweater, atasan. Baju atasan dapat disortir lagi menjadi grup-grup kecil seperti tank top, kaos lengan pendek, kaos lengan panjang, dan seterusnya.

lemari pakaian

Sortir Berdasarkan Warna

Setelah disortir berdasarkan kategori pakaian, selanjutnya baju Anda dapat disortir berdasarkan warna agar semakin memudahkan Anda untuk menemukan baju yang Anda cari. Dengan merapihkan berdasarkan warna, Anda juga dapat melihat warna apa yang paling sering Anda gunakan, dan juga warna apa yang Anda jarang gunakan.


Menentukan Peletakan Tiap Kategori Baju dalam Lemari

Letakkan kategori pakaian yang paling sering Anda gunakan di posisi lemari yang paling mudah dicapai. Baju yang jarang dipakai seperti pakaian musim dingin atau yang memiliki nilai sentimental dapat disimpan di kotak di lemari bagian paling atas.

Gunakanlah kotak plastik yang transparan atau berilah label pada kotak Anda agar dengan mudah diketahui isinya dan memudahkan mengembalikan pada tempatnya.

Donasikan Baju yang Dobel

Pilah-pilah baju Anda untuk memisahkan mana yang akan terus dipakai, dan mana yang akan didonasikan. Ketika pakaian sudah dipisahkan berdasarkan kategori baju dan warna, akan lebih terlihat baju-baju yang banyak dobelnya. Simpanlah yang masih Anda gunakan, dan donasikan yang sudah tidak terpakai lagi.

Gunakan Aksesoris untuk Penyimpanan Efektif

Dengan berbagai aksesoris yang menjadikan penyimpanan baju Anda menjadi semakin efektif, akan lebih rapih, dan juga menambah nilai estetika lemari Anda.

Untuk baju-baju yang digantung, gunakanlah gantungan-gantungan beludru (agar baju tak mudah jatuh) yang tipis yang berwarna senada (agar terlihat rapih). Jika ada laci lemari baju, gunakanlah penyekat di dalamnya agar isinya tak mudah bergeser dan bercampur aduk.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini