Kisah di Balik Busana Pengantin Arie Kriting dan Indah Permatasari

Dwi Nur Ratnaningsih, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 194 2344849 kisah-di-balik-busana-pengantin-arie-kriting-dan-indah-permatasari-9kevnuAqPq.jpg Kisah di balik busana penganting Indah Permatasari dan Arie Kriting (Foto : Instagram/@didietmaulana)

Arie Kriting dan Indah Permatasari telah resmi menikah pada 12 Januari 2021. Mereka tampil serasi mengenakan busana tradisional terinspirasi khazanah budaya Nusantara yang dimodernisasi oleh desainer Didiet Maulana.

Dalam unggahan itu, Arie Kriting dan Indah Permatasari tampil menawan dalam balutan busana pengantin dari Svarna By IKAT Indonesia rancangan desainer kenamaan Didiet Maulana.

Indah Permatasari dan Arie Kriting

Didiet pun menjelaskan konsep rancangan untuk baju pengantin Indah di akun Instagram-nya. Menurut Didiet, konsep busana tersebut merupakan keinginan pribadi dari pasangan mempelai.

"Desain terbaik hadir dari komunikasi antar manusia, mengartikan apa yang ada di benak mereka dan mewujudkan mimpi menjadi sebuah karya yang bisa teraba dan terpakai. Saya mencoba menghadirkan apa yang ada di benak mereka, dan kami berusaha mengartikannya dengan bahasa visual dan budaya," tulis Didiet dalam postingan di IG Pribadi Didiet Maulana.

Baca Juga : Potret Pernikahan Arie Kriting dan Indah Permatasari, Busana Pengantin Curi Perhatian

Indah Permatasari

Kemudian, Didiet menerangkan, baju yang dikenakan oleh Indah, terinspirasi dari baju bodo, pakaian tradisional perempuan suku Bugis dan Makassar. "Kami menggubah desain inspirasi baju bodo untuk tampilan ini. Dengan warna blush yang pas untuk akad nikah pagi hari," tulis Didiet.

Gaun tersebut memiliki siluet high-low serta lengan oversize mirip baju bodo. Bagian atas kerah dibuat dengan model sabrina yang dilengkapi dengan aksen bunga di bagian kanan dan kiri bahu. Ada pula tambahan detail payet pada bagian atas yang membuat busana terlihat anggun.

Indah Permatasari

Sementara, bahan gaun yang dipakai Indah adalah kain sutra Sengkang Makassar berwarna beige dan menggunakan benang emas. Pada bagian belakang busana, Didiet menambahkan detail bunga kecil yang dirangkai satu demi satu. Penampilan Indah dalam gaun itu sendiri banjir pujian dari netizen.

Tak jauh berbeda, baju pengantin Arie Kriting juga lekat dengan budaya Indonesia. Arie dikabarkan memesan baju yang kental dengan nuansa Melanesian. "Pesona akar budaya menjadi satu inspirasi kami dalam menggubah busana untuk mempelai," tulis Didiet.

Indah Permatasari dan Arie Kriting

Dalam momen spesial itu, Arie tampak mengenakan potongan jas tanpa kerah berwarna putih. Jas tersebut dipadukan dengan kain tenun khas Nusa Tenggara Timur (NTT) yang disampirkan pada bahu kanan. Sebagai penambah, Didiet juga menyematkan kalung dari Papua yang terbuat dari batang Anggrek pada busana Arie kali itu.

Didiet menerangkan, busana yang dikenakan Arie tak sekadar pelapis tubuh, tapi juga menjadi pesan dan harapan indah untuk pemakainya. "Tampilannya diharapkan memberi sebuah energi dan doa baik untuk mempelai," jelas Didiet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini