Dokter Reisa: Vaksin Mengurangi Jumlah Pasien Kritis dan Tekan Angka Kematian

Diana Rafikasari, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 481 2344684 dokter-reisa-vaksin-mengurangi-jumlah-pasien-kritis-dan-tekan-angka-kematian-ZyAb5Ehmuz.jfif Dokter Reisa Broto Asmoro. (Foto: Satgas Covid-19)

JURU Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro, mengatakan pemberian vaksin sangat penting dalam upaya mengakhiri masa pandemi virus corona di Indonesia. Ia bahkan menyebut vaksin covid-19 bisa menjadi alat bantu dan senjata ampuh untuk memutus penularan wabah penyakit ini.

"Di masa pandemi covid-19 ini, vaksin melindungi kita dari ancaman covid-19 yang masih menyebar dengan cepat dan banyak menulari saudara kita sebangsa. Vaksin akan mengurangi jumlah pasien kritis dan menekan angka kematian," kata dr Reisa Broto Asmoro, seperti dikutip dari siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Dokter Reisa Ingatkan Vaksin covid-19 Bukan ObatĀ 

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa vaksin dan vaksinasi merupakan hal berbeda. Vaksin adalah produknya, sedangkan vaksinasi merupakan proses di dalam tubuh ketika seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit tertentu seperti covid-19.

"Sehingga apabila suatu saat terpapar virus penyebab covid-19, tubuh kita akan mengenal dan membangun kekebalan, sehingga tidak akan mengalami sakit yang berat," papar dr Reisa.

Baca juga: Dokter Reisa: Vaksin Covid-19 Pemerintah Sesuai WHO dan MUIĀ 

"Vaksin dan vaksinasi adalah upaya penyempurna kita untuk menghentikan pandemi ini. Dengan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dan vaksinasi, kita yakin, kita bisa menghentikan pandemi ini," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pemberian vaksin covid-19 perdana telah dilakukan pada Rabu 13 Januari 2021 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Pemberian vaksin covid-19 ini menjadi penanda dimulainya tahap pertama vaksinasi covid-19 secara massal di Tanah Air.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini