Tingkatkan Kualitas Tidur, Lakukan 4 Gerakan Olahraga Ini di Pagi Hari

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 481 2344964 tingkatkan-kualitas-tidur-lakukan-4-gerakan-olahraga-ini-di-pagi-hari-yPSW0Gjn13.jpeg Olahraga di pagi hari baik untuk meningkatkan kualitas tidur. (Foto: Mohamed Hassan/Pixabay)

OLAHRAGA tidak hanya membuat fisik sehat, tapi juga memberikan kesehatan mental. Lalu olahraga di pagi hari yang dilakukan secara konsisten dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Dikatakan Magdalena Cadet, ahli reumatologi di NYU Langone, Amerika Serikat, ada penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari bisa menggeser jam aktivitas seseorang yang pada akhirnya bisa membantu menghasilkan kualitas tidur lebih baik.

Baca juga: 3 Olahraga yang Cocok Dilakukan saat PSBB Ketat 

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga pada pukul 07.00 atau pagi hari merupakan waktu yang paling optimal. Lalu gerakan olahraga apa saja yang sebaiknya dilakukan pada pagi hari?

Mengutip dari Huffingtonpost, Jumat (15/1/2021), berikut empat gerakan olahraga yang sebaiknya dilakukan di pagi hari, seperti direkomendasikan para ahli.

1. Pemanasan seluruh organ tubuh

Jika hanya ingin gerakan yang simpel, coba rekomendasi dari personal trainer bersertifikat Lisa Mateo berupa full body warmup atau pemanasan seluruh organ tubuh yang simpel dan tidak makan banyak waktu.

Lakukan peregangan bagian paha depan, paha belakang, pinggul, bahu, dan trisep bersama dengan beberapa gerakan kardio seperti jumping jack atau lari di tempat dengan posisi lutut tinggi mencapai dada untuk meningkatkan detak jantung.

Baca juga: Yuk Berantas Perut Buncit dengan 4 Olahraga Ini 

2. Pose pohon

Biasa disebut sebagai tree pose atau pose pohon, gerakan ini berfungsi mengaktifkan bagian kaki dan inti tubuh. Disebutkan oleh instruktur Kristin McGee, postur ini jadi awal mula yang sempurna untuk olahraga di pagi hari.

Pose pohon membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan stabilititas di kaki dan inti tubuh. Tak hanya itu, gerakan ini juga membantu pikiran fokus. Ini jadi faktor penting untuk memulai hari.

Tree pose dilakukan dengan cara berdiri dengan tegak, bahu relaks, dan kedua kaki menyatu (pergelangan kaki dan kaki bagian dalam bersentuhan), lalu angkat kaki kiri dari lantai, tekuk lutut kiri dan posisikan kaki kiri ke bagian dalam paha kanan.

Setelah kaki dalam posisi stabil, posisikan lengan dalam posisi berdoa di depan jantung atau bisa juga diangkat di atas kepala. Pose pohon ini harus ditahan selama lima hingga 10 hitungan napas dan lakukan gerakan yang sama untuk sisi lainnya.

3. Gerakan pinggul dan kaki

Masih direkomendasikan oleh Kristin Gee, pose satu ini disebut dapat "membangunkan" tubuh dan otak karena membuat aliran darah mengalir ke otak. Pertama-tama saat mengembuskan napas dorong pinggul ke atas dan luruskan kaki. Lalu dorong ke atas dengan gerakan perlahan, sambil menjauhkan bahu dari telinga. Pertahankan posisi core, kaki, dan lengan dan angkat lutut. Kayuh kaki ke depan dan ke belakang untuk melonggarkan sesak di kaki atau punggung bawah.

Pemanasan sebelum olahraga. (Foto: Active)

Baca juga: Ini 5 Penyebab Paling Umum Gemetar Setelah Olahraga 

4. Gerakan telentang lutut ditekuk

Direkomendasikan oleh ahli fitness Ridge Davis, terutama untuk menghindari cedera punggung di bagian bawah, ambil posisi berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki rata di lantai dan lengan lurus di samping tubuh. Lalu angkat tangan dengan siku di atas bahu dan kepalan tangan saling berhadapan. Buang napas dan angkat kaki dengan posisi lutut tepat di atas pinggul, lalu turunkan lengan kanan dan kaki kiri pelan-pelan hingga berada tepat di atas lantai. Saat menarik napas, bawa lengan dan kaki kembali ke posisi awal dan ulangi seluruh gerakan yang sama untuk sisi satunya lagi. Bagi pemula, bisa lakukan dua hingga tiga set yang terdiri dari lima repetisi di setiap sisi kanan dan kiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini