Dokter Relawan Covid-19 Jelaskan Tujuan Utama Vaksinasi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 481 2345065 dokter-relawan-covid-19-jelaskan-tujuan-utama-vaksinasi-kqjlsrwNUt.jpg Dokter Reisa ketika vaksinasi Covid-19 (Foto : Instagram/@sekretariat.kabinet)

Pemerintah Indonesia resmi memulai proses vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada Rabu 13 Januari 2021. Tenaga kesehatan (Nakes) dan pekerja publik menjadi prioritas pemerintah untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di tahap pertama.

Meski demikian, masih banyak masyarakat yang bingung dengan manfaat vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah. Sehingga muncul keraguan dalam diri masyarakat yang menolak untuk disuntik.

Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i menjelaskan bahwa program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah berguna untuk membentuk kekebalan tubuh dengan cara diinduksi. Pada kesempatan ini pun dr. Fajri memberikan permisalan sederhana sehingga mudah dimengerti masyarakat.

Suntik Vaksin

“Ibaratnya seperti berperang. Sebelum musuh menyerang ada dua cara proses yang terjadi untuk membentuk kekebalan. Kita sakit dahulu, lalu timbul kekebalan, atau kita tidak perlu sakit dahulu, tapi timbul kekebalan,” terang dr. Fajri saat diwawancarai MNC News Portal, Jumat (15/1/2021).

Baca Juga : Dokter Reisa: Vaksin Senjata Ekstra Memutus Penularan Covid-19

Lebih lanjut, dr. Fajri mengatakan bahwa vaksin akan menimbulkan kekebalan tubuh pada manusia dengan menginduksi atau menstimulasi dengan memberikan komponen virus tersebut supaya kita tubuh dengan mudah mengenali.

“Harapannya, setelah sekian besar populasi tervaksinasi maka penularannya bisa jauh berkurang dan kekebalan alamiah (herd immunity) dapat terbentuk,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini