Pengguna Behel Jangan Lakukan 4 Kesalahan Ini Ya, Justru Bikin Gigi Rusak

Antara, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 481 2345162 pengguna-behel-jangan-lakukan-4-kesalahan-ini-ya-justru-bikin-gigi-rusak-2R5iZFchyb.jpg Ilustrasi penggunaan behel gigi. (Foto: Yubacitydentistry)

PEMASANGAN behel atau kawat gigi adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah pada gigi. Alat ortodontik ini bisa membantu membuat struktur gigi menjadi lebih baik, namun tentunya harus melalui arahan tepat dari dokter.

Akan tetapi pada praktik penggunaannya banyak kesalahan yang sering dilakukan pengguna behel. Misalnya tidak melakukan perawatan dengan benar. Ini justru akan membuat gigi rusak.

Baca juga: Berapa Lama Behel Gigi Boleh Digunakan? Ini Penjelasan Dokter 

Dokter spesialis ortodonsia, drg Benny Mulyono Soegiharto MSc MorthRCS PhD SpOrt, mengatakan terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengguna behel. Pertama adalah malas menyikat gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Behel gigi. (Foto: Shutterstock)

Ia mengungkapkan, menjalani perawatan ortodontik artinya harus melakukan perawatan ekstra untuk gigi daripada biasanya. Pasalnya, gigi tertutup oleh biji behel dan juga kawat gigi.

Baca juga: 3 Makanan yang Harus Anda Hindari Setelah Pasang Behel 

"Kedua, tidak mengikuti instruksi dokter gigi misalnya disuruh pakai karet enggak dipakai jadi memperlama perawatan," kata drg Benny, seperti dinukil dari Antara, Jumat (15/1/2021).

Pemakaian karet pada pengguna behel berfungsi mengoordinasikan gerakan agar dapat menggigit dengan baik dan sempurna serta tercapai fungsi lainnya.

Kesalahan ketiga yang sering dilakukan oleh pengguna behel adalah makan sembarangan. Menurut drg Benny, sebaiknya pasien tidak mengonsumsi makanan yang keras atau yang membuat gigi harus bekerja ekstra untuk menggigit.

Hal ini dapat mengakibatkan lepasnya biji kawat pada gigi. Jika sampai terlepas, ketika dipasang ulang kekuatan menempelnya pada gigi tidak sekuat yang pertama.

Baca juga: Gara-Gara Kawat Gigi Murahan Bibir Perempuan ini Jontor, Masih Mau Pake yang KW? 

"Biji-biji kawat ini ditempel menggunakan lem khusus untuk gigi sehingga saat selesai, biji-biji ini harus dicopot dengan aman tanpa harus merusak email gigi makanya lem ini punya titik lemah supaya tidak merusak gigi," terang drg Benny.

"Makin sering copot ya enggak akan selesai-selesai makanya bisa sampai 10 tahun. Kalau sudah dipasang, copot terus dipasang lagi enggak akan kuat seperti awal," lanjutnya.

Baca juga: Apa Sih Hukum Memasang Kawat Gigi? 

Kesalahan terakhir atau keempat yang sering dilakukan oleh pengguna behel adalah malas melakukan pemeriksaan atau kontrol rutin.

"Datangnya tiga bulan sekali. Gerakan gigi itu harus dikendalikan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini