Jangan Kebanyakan Overthinking! Atasi dengan 6 Cara Ini

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 612 2344774 jangan-kebanyakan-overthinking-atasi-dengan-6-cara-ini-r949orInfM.jpg Pria overthinking (Foto: Introvert)

Overthinking atau terlalu banyak berpikir, merupakan salah satu anxiety yang sering dialami oleh seseorang dengan trauma. Biasanya mereka cenderung takut dan tidak percaya diri atas kemampuannya sendiri.

Jika Anda sering merasakan hal seperti itu, alangkah baiknya Anda mulai mencari solusi untuk menghilangkan kebiasaan overthinking yang tak produktif dan hanya menguras pikiran. Terlalu banyak berpikir tentang berbagai hal bukan hanya gangguan, ini bisa sangat merugikan kesejahteraan Anda.

Melansir dari Forbes, terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa memikirkan kekurangan, kesalahan, dan masalah Anda, hanya meningkatkan risiko masalah kesehatan mental. Ketika kesehatan mental Anda menurun, kecenderungan Anda untuk merenung justru meningkat.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa terlalu overthinking malah menyebabkan tekanan emosional yang serius. Untuk menghindari hal itu, maka jangan terlalu banyak berpikir berlebihan hingga cemas. Lalu bagaimana mengatasinya?

 overthinking

1. Sadari diri Anda jika terlalu banyak berpikir

Kesadaran adalah langkah pertama untuk mengakhiri berpikir berlebihan alias overthinking. Mulailah memperhatikan cara Anda berpikir. Saat Anda menyadari bahwa Anda memutar ulang peristiwa dalam pikiran Anda berulang kali, atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan, akui bahwa pikiran Anda itu sangat tidak produktif!

2. Tantang pikiran Anda

Sangat mudah untuk terbawa oleh pikiran negatif. Jika Anda sedang sakit dan berpikir menelepon kantor karena izin sakit akan membuat Anda dipecat, maka akui saja bahwa pikiran Anda sangat negatif. Belajarlah untuk mengenali dan mengganti pikiran buruk menjadi pikiran positif sebelum mereka membuat Anda benar-benar jadi gila.

3. Merelakan hal-hal yang tak bisa Anda jangkau

Salah satu cara membunuh overthinking adalah merelakan hal-hal yang tak bisa Anda jangkau atau di luar kendali Anda. Misalnya, Anda menargetkan menikah tahun ini, namun ternyata Anda belum menemukan pasangan yang tepat, maka jangan tenggelam dalam pemikiran negatif seperti tak ada yang mencintai Anda, apalagi sampai overthinking, tak ada gunanya. Lebih baik fokus dengan pekerjaan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi, nanti jodoh akan datang dengan sendirinya.

 

4. Jadwalkan waktu untuk refreshing

Mengatasi masalah Anda untuk jangka waktu yang lama tidaklah produktif, tetapi refreshing dapat membantu. Mungkin Anda bisa pergi ke pantai bersama keluarga atau teman. Setiap akan muncul overthinking, coba segera hentikan dan lebih fokus dengan kegiatan refreshing Anda.

5. Berlatih

Masa lalu yang buruk tidak mungkin terulang. Anda juga tak usah mengkhawatirkan masa depan. Lebih baik Anda hidup di masa sekarang, berlatihlah mindfulness.

Berkomitmenlah untuk menjadi lebih percaya diri saat ini. Sama seperti hal lainnya yang sangat membutuhkan latihan, tetapi seiring waktu, ini dapat mengurangi kebiasaan overthinking.

6. Ubah Kebiasaan

Menyuruh diri sendiri untuk berhenti memikirkan sesuatu bisa menjadi bumerang. Semakin Anda mencoba untuk menghindari pikiran yang memasuki otak Anda, semakin besar kemungkinannya untuk terus bermunculan.

Menyibukkan diri Anda dengan suatu aktivitas adalah cara terbaik untuk mengubah kebiasaan ini. Latihan, terlibat dalam percakapan tentang topik yang sama sekali berbeda, atau mulai mengerjakan proyek yang akan mengalihkan pikiran Anda dari rentetan pikiran negatif bisa menjadi cara terbaik untuk terbebas dari gangguan tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini