4 Cara Menghadapi Orang yang Suka Membual

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 612 2344935 4-cara-menghadapi-orang-yang-suka-membual-VzOiIBMM76.jpg Membual (Foto: Psychologies)

Mendengarkan orang yang suka membual bisa sangat menjengkelkan. Apalagi dengan perilakunya yang selalu ingin mendapatkan perhatian. Bahkan dia seringkali tidak bisa membedakan bagaimana untuk berbagi cerita dengan menyombongkan diri.

Namun, kita tidak dapat menghentikannya begitu saja dengan menghindari kontak mata, menertawakannya, atau menguap kebosanan. Ini karena dia tidak menyadari kalau dirinya kurang disukai karena suka membual.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi seorang pembual? Simak caranya dari Psychology Today berikut ini.

 mengobrol dengan pembual

1. Alihkan pembicaraan

Orang yang suka membual tidak saja berbicara tentang dirinya tapi juga orang lain yang dirasa memiliki kehebatan. Maka dari itu, buatlah percakapan yang sekarang dialihkan dan mengganti topik.

Anda bisa mengatakan kepadanya, bahwa Anda bukan orang yang mengagumi nasib baik orang lain atau Anda pribadi yang sulit dibuat terkesan. Dengan begitu dia akan canggung dan berhenti.

2. Balas membual lalu berhenti

Banggakan sedikit tentang diri Anda juga padanya. Agar dia merasa tersaingi dan seolah-olah diserang. Namun, Anda hanya perlu berhenti di situ saja, jangan sampai ikut-ikutan jadi pembual. Akhiri dengan, “Oh maaf sudah membual. Padahal saya jarang seperti itu karena hanya membuat orang lain merasa tidak enak.”

3. Bicarakan

Tidak apa-apa untuk memberitahunya bahwa Anda kurang nyaman dengan perilakunya yang suka membual. Sebaik-baiknya memiliki hubungan adalah dengan ketulusan. Karena selama ini sepertinya semua tentang dia, tanyakanlah apakah dia tertarik berteman dengan Anda atau tidak.

4. Lepaskan

Melepaskan sesuatu yang tidak memberikan manfaat untuk kita bukanlah suatu masalah. Tinggalkan si pembual dengan senyuman daripada berada di situasi yang tidak nyaman.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini