Cegah Anak Kecanduan Gadget, Ayah-Bunda Bisa Terapkan 5 Cara Ini

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 23:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 612 2345299 cegah-anak-kecanduan-gadget-ayah-bunda-bisa-terapkan-5-cara-ini-eKuuNx55Gx.jpg Ilustrasi anak-anak bermain gadget. (Foto: GemmaMM/Pixabay)

GADGET atau gawai ternyata memberikan dampak buruk bagi anak jika digunakan terlalu lama. Hiburan lewat gawai memang jadi alternatif yang menggoda supaya anak bisa anteng. Namun, screen time untuk anak di bawah usia 1 tahun tidak direkomendasikan.

Bagi anak usia 1 sampai 3 tahun, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan batas maksimal screen time gadget tidak boleh lewat dari 1 jam. Anda dapat menggunakan gawai untuk melakukan panggilan video agar bisa terhubung dengan keluarga yang berjauhan di tengah pandemi covid-19.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Ini Cara Supaya Anak Tetap Aktif di Rumah 

Tetapi ternyata ada dampak negatif jika mengoperasikan gadget secara berlebihan, terutama terhadap anak-anak. Peran orangtua pun sangat penting untuk mencegah anak-anak "kecanduan" gadget. Ketegasan hingga inisiatif diperlukan dari para orangtua.

Berikut ini lima cara supaya anak-anak tidak kecanduan mengoperasikan gadget. Wajib diterapkan oleh para orangtua.

Anak-anak bermain gadget. (Foto: Victoria Borodinova/Pixabay)

1. Didahului dari orangtua

Supaya anak tidak kecanduan gadget, disarankan didahului dari orangtua. Pasalnya, anak-anak akan mengikuti pola kebiasaan orangtua.

"Jika orangtua melarang tapi orangtua juga terus menatap gadget, pelarangan ini cenderung tidak akan berhasil. Jadi pertama orangtua harus memberikan contoh sesuai yang dianjurkannya," kata pengamat teknologi Lucky Sebastian saat dikonfirmasi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kebanyakan Main Gadget Bisa Bikin Kulit Cepat Tua Lho 

2. Perbanyak tatap muka

Orangtua harus lebih banyak bicara tatap muka secara langsung dengan anak, bertukar pikiran, dan membatasi waktu penggunaan gadget yang dilaksanakan betul-betul.

"Misal hanya boleh menggunakan smartphone selama 1 jam setelah selesai mengerjakan tugas sekolah, setelah makan, sesudah itu berangkat tidur," ucapnya.

3. Perbanyak aktivitas di luar rumah

Kemudian perbanyak aktivitas di luar rumah yang melibatkan anak, seperti bermain di halaman, berjalan-jalan, menugaskan anak membawa jalan-jalan binatang peliharaan, atau berlibur bersama saat akhir pekan keluar rumah tanpa anak membawa gadget.

Baca juga: Kebiasaan Menatap Layar Gadget di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes 

4. Pakai aplikasi pemantau

Gunakan juga aplikasi yang dikembangkan untuk orangtua memantau berapa lama anak menggunakan gadget dan melakukan apa saja dengan gadget-nya.

"Ini bisa secara dini untuk orangtua mengarahkan anak menggunakan gadget-nya lebih berhati-hati," jelasnya.

5. Tetapkan area bebas gadget

Tetapkan area bebas gadget, di mana semua anggota keluarga tidak boleh menggunakan gadget, seperti saat makan bersama di ruang makan, dan jangan dilanggar.

Baca juga: Kunci Anak Ceria, Jaga Pola Makan hingga Olahraga Teratur 

Anak-anak bermain gadget. (Foto: Andrew Angelov/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini