Camilan Akhir Pekan, Kue Sus Kering Isi Cokelat yang Lumer di Mulut!

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 298 2345465 camilan-akhir-pekan-kue-sus-kering-isi-cokelat-yang-lumer-di-mulut-M3VWqqKYqj.jpg Kue sus kering isi cokelat (Foto : YouTube/Dapurumi)

Kalau Anda merasa bosan liburan di rumah, coba deh untuk melakukan hal menyenangkan, salah satunya ngemil yang manis-manis. Bicara soal camilan manis, sudah pernah mencoba kue sus kering?

Kue sus kering ini adalah camilan manis yang berbentuk seperti bola kecil dengan tekstur renyah. Biasanya kue sus seperti ini dijual di supermarket, tapi kalau bisa buat sendiri untuk camilan akhir pekan kenapa enggak?

Buat Anda yang mau coba buat kue sus kering isi cokelat, caranya gampang banget kok! Mengutip dari kanal YouTube dapurumi, berikut cara membuat kue sus tanpa ribet.

Kue Sus Kering

Bahan:

- 85 Gram Terigu (9 sdm)

- 65 Gram Margarin (4 sdm)

- 165 ML Air

- 2 Butir telur

- ¾ SDT Baking Powder ¼ SDT garam (optional)

- Selai / filling coklat Tulip secukupnya

Baca Juga : Yummy, Manis & Pedasnya Kue Sus Rasa Nasi Sushi di Jepang

Cara Membuat:

1. Lelehkan 65 gr margarin dengan menambahkan ¼ sendok teh garam dan 165 ml air mineral. 2. Jika sudah meleleh dan mendidih, kecilkan apinya dan masukan 85 gr terigu. Aduk dengan cepat hingga tepung dan margarin menyatu hingga menjadi adonan yang kalis.

3. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk, kemudian ratakan adonan ke permukaan mangkuk untuk mempercepat proses pengeluaran uap panasnya. Diamkan sekitar 15 menit.

4. Jika sudah 15 menit, tuangkan 2 butir telur yang sudah dikocok terlebih dahulu ke dalam mangkuk adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Aduk hingga adonan menjadi seperti krim yang kental dan lengket.

5. Masukan ¾ sendok teh baking powder ke dalam adonan, kemudian aduk hingga merata.

6. Jika sudah, masukan adonan ke dalam piping bag untuk membentuk adonan menjadi lebih kecil. Cetakan adonan ini diletakan diatas loyang yang sudah diolesi margarin dan sedikit tepung, setelah itu masukan kedalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Panggang di suhu tinggi selama 15-20 menit.

7. Kemudian pindahkan ke api atas dalam oven dan tunggu selama 15-20 menit. Tunggu hingga warna adonan kue berwarna kecoklatan.

8. Untuk mendapat hasil kue sus yang kering, turunkan suhu ke 125 derajat celcius dan panggang selama 20 menit.

9. Jika sudah matang, keluarkan dari oven. kemudian buat lubang kecil untuk mengisi kue sus tadi dengan cokelat filling atau selai rasa lainnya sesuai selera Anda. Kue sus kering isi cokelat siap dihidangkan!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini