Prediksi Tren Makanan 2021, Patut Dicoba di Tengah Pandemi Covid-19

Hantoro, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 00:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 298 2345653 prediksi-tren-makanan-2021-patut-dicoba-di-tengah-pandemi-covid-19-AAAWQMKVwx.jpg Ilustrasi tren makanan sehat. (Foto: Schantalao/Freepik)

TREN makanan 2021 diprediksi masih didominasi asupan sehat. Pasalnya di tahun baru ini wabah virus corona atau covid-19 masih melanda secara global, termasuk di Indonesia. Mengonsumsi makanan sehat diyakini menjadi salah satu cara menangkal wabah penyakit tersebut.

Prediksi tren makanan 2021 terkait asupan sehat itu dimulai dengan penganan yang memiliki nilai gizi tinggi hingga hidangan yang pembuatannya ramah bagi tubuh. Di antaranya adalah rempah-rempah dan makanan rebusan.

Baca juga: Deretan Makanan Berkalori Tinggi tapi Sehat 

Lalu apa saja prediksi tren makanan 2021 terkait makanan sehat di tengah pandemi covid-19? Berikut daftarnya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

1. Makanan berbahan jahe

Banyak orang menggunakan tumbuhan jahe untuk berbagai hidangan, makanan penutup, hingga minuman teh. Seperti dikutip dari Medical News Today, Jahe sendiri memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa menawarkan manfaat kesehatan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan apakah itu dapat secara efektif mencegah penyakit atau tidak.

Jahe

2. Hidangan brokoli

Brokoli adalah sumber vitamin C. Brokoli juga mengandung antioksidan kuat, seperti sulforaphane. Maka itu, sayuran ini adalah pilihan yang baik untuk dikonsumsi secara teratur guna mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh di tengah pandemi covid-19.

Cah ayam brokoli. (Foto: Instagram @yoanitasavit)

Baca juga: 5 Makanan yang Dapat Membantu Melancarkan Haid 

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan pilihan camilan yang bagus untuk dikonsumsi saat pandemi covid-19. Terlebih bagi orang-orang yang sedang menjalankan program diet, sebab yoghurt diyakini ampuh membantu menurunkan berat badan.

Melansir Healthy Eating, yogurt adalah sumber protein, kalsium, dan kalium yang sangat baik. Ini mengandung banyak vitamin dan mineral dan relatif rendah kalori. Dikarenakan menawarkan manfaat kesehatan di luar nutrisi dasar, yogurt adalah makanan fungsional.

Yoghurt

4. Salad sayur

Salad sayur merupakan makanan sehat yang praktis. Isinya bisa berupa wortel, batang seledri, kuntum brokoli, dan saus mayones. Pastikan sayuran tersebut sudah dicuci terlebih dahulu. Camilan sehat ini membantu mengatasi rasa lapar dengan tingkat energi tetap tinggi.

Salad sayur. (Foto: Taste)

5. Makanan dari ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta karoten, yakni sejenis antioksidan yang memberi warna oranye pada kulit kentang. Beta karoten adalah sumber vitamin A. Ini membantu membuat kulit sehat dan bahkan dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet (UV).

Baca juga: Ini 6 Makanan yang Bisa Memperlambat Penuaan 

Ubi jalar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini