Sebelum Divaksin, Ketahui 5 Alur Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 481 2345534 sebelum-divaksin-ketahui-5-alur-pelayanan-vaksinasi-covid-19-ini-AqZSa4xepI.jpg Arus pelayanan vaksinasi Covid-19 (Foto : Instagram/@kemenkes_ri)

Pemerintah Indonesia resmi memulai vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada 13 Januari 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Kemudian disusul dengan perwakilan dari berbagai kalangan yang mewakili komunitas masyarakat, pelaku usaha, tokoh masyarakat, milenial.

Sekadar informasi, para tenaga kesehatan (Tenkes) dan pekerja publik menjadi prioritas utama dalam vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini. Selain itu terdapat pula sejumlah prosedur yang harus dilakukan sebelum melakukan vaksinasi.

Alur Vaksinasi Covid-19

Baca Juga : Presiden Jokowi dan Raffi Ahmad Disuntik, BPOM Ungkap Efek Samping Vaksin Covid-19

Merangkum dari laman resmi Instagram Kementerian Kesehatan (Kemenkes) @kemenkes_ri, Sabtu (16/1/2021), terdapat lima tahap yang harus dilakukan seseorang ketika hendak menerima vaksin. Yuk kita ketahui alur pelayanan vaksinasi Covid-19.

1. Calon penerima vaksin Covid-19 telah melakukan registrasi ulang dan datang tepat waktu sesuai jadwal.

2. Calon penerima vaksin Covid-19 menunjukan e-ticket dan bukti identitas lainnya untuk dilakukan verifikasi, setelah identitas sudah terverifikasi calon penerima vaksin lanjut untuk melakukan skrining.

3. Petugas kesehatan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid). Setelah calon penerima vaksin dinyatakan sehat, maka proses vaksinasi dapat dilakukan.

Alur Vaksinasi Covid-19

4. Calon penerima vaksin diberikan vaksin Covid-19 secara aman.

5. Petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi sedangkan penerima vaksin diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI dan penerima vaksin memperoleh kartu vaksinasi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini