Kemenkes Sediakan Layanan Registrasi Vaksinasi Covid-19 Lewat WhatsApp, Catat Nomornya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 481 2345558 kemenkes-sediakan-layanan-registrasi-vaksinasi-covid-19-lewat-whatsapp-catat-nomornya-3SA2W8CRSr.jpg Ilustrasi vaksinasi Covid-19 (Foto : Nypost)

Program vaksinasi Covid-19 tahap pertama resmi dimulai pada Rabu 13 Januari 2021. Vaksinasi perdana dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat dan disiarkan langsung secara live di channel YouTube Sekertariat Presiden.

Pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang divaksin di Indonesia. Dilanjutkan oleh sejumlah perwakilan dari berbagai kalangan yang mewakili komunitas masyarakat, pelaku usaha, tokoh masyarakat, milenial.

Rencananya vaksinasi ini akan menyasar seluruh masyarakat Indonesia dalam upaya menciptakan herd immunity (Kekebalan kelompok) untuk mencegah penularan Covid-19. Namun pada tahap pertama ini tenaga kesehatan (Nakes) dan pegawai publik menjadi prioritas utama dalam menerima vaksin Covid-19.

Sebab tenaga kesehatan dan pegawai publik menjadi golongan yang sangat rentan terinfeksi Covid-19 selama bertugas. Nah bagi Anda yang berpofesi sebagai nakes maupun pegawai publik yang ingin mendapatkan vaksin secara gratis, maka pemerintah telah menyediakan layanan registrasi khusus.

Registrasi Vaksinasi Covid-19

Merangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) @kemenkes_ri, Sabtu (16/1/12021), Kemenkes menyediakan layanan registrasi bagi penerima vaksinasi Covid-19 melalui Chatbot whatsapp (WA) di nomor 081110500567.

Baca Juga : Sebelum Divaksin, Ketahui 5 Alur Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Ini

Selain itu masyarakat juga dapat mengaksesnya melalui http://bit.ly/vaksincovidri. Layanan ini bertujuan untuk mempermudah penerima vaksinasi Covid-19 melakukan registrasi di mana pun. Sementara ini registrasi melalui. Perlu diingat nomor WA tersebut hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan.

Registrasi Vaksinasi Covid-19

Setelah terverifikasi, tenaga kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk membuat janji di fasilitas kesehatan sekitar dan mendapatkan konfirmasi terkait waktu dan tempat pelaksaan vaksin. Jika tenaga kesehatan tidak terdaftar, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui chatbot.

Selain melalui WA, Kementerian Kesehatan juga menyediakan channel registrasi vaksinasi COVID melalui SMS Blast PEDULICOVID, Website pedulilindungi.id, melalui email [email protected], call/UMB *119# dan Hotline Vaksinasi Covid-19 119 Ext 9.

Mengingat pentingnya program vaksinasi, pemerintah berharap masyarakat mendukung dan berpartisipasi aktif mengikuti setiap tahapan pelaksanaannya.

Kementerian Kesehatan RI on Instagram: “Kementerian Kesehatan sediakan layanan registrasi bagi penerima vaksinasi Covid-19 melalui Chatbot whatsapp (WA) di nomor 081110500567 atau…”

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini