Bolehkah Ibu Hamil Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Kata Peneliti

Alfina Nur Hayati, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 481 2345581 bolehkah-ibu-hamil-disuntik-vaksin-covid-19-ini-kata-peneliti-3kIE3yLXRS.jpg Ibu hamil (Foto : Foxnews)

Pemerintah Indonesia telah memulai program vaksinasi Covid-19 sejak Rabu (13/1/2021). Penyebaran virus dan risiko kematian yang masih tinggi membuat masyarakat harus segera mendapatkan vaksinasi. Lalu, apakah vaksin Covid-19 ini aman diberikan untuk ibu hamil?

Melansir Fox News, Sabtu (16/1/2021), American College of Obstetricians and Gynecologists mengatakan, vaksinasi Covid-19 dapat diberikan untuk ibu hamil. Namun, keputusan ini bisa diambil setelah mereka mendiskusikan risiko dan manfaat dengan dokter.

Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat memberikan otorisasi darurat untuk vaksin Pfizer dan Moderna. Saat diluncurkan, mereka tidak mencantumkan ibu hamil sebagai kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19, tetapi mengutamakan petugas kesehatan.

Ibu Hamil

Sementara, kelompok obgyn atau spesialis obstetri dan ginekologi mewajibkan ibu hamil berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya, vaksin Covid-19 belum teruji pada kehamilan. Namun, bukti keamanan dan keefektifan vaksin mulai terlihat berkat penelitian pada beberapa wanita yang ternyata dalam kondisi hamil saat mendaftar.

Lebih banyak jawaban diharapkan dari penelitian yang akan datang, termasuk tentang Pfizer dan mitra Jerman BioNTech. Studi diprediksi dimulai awal tahun ini dan akan mencakup persoalan ibu hamil.

Baca Juga : Kemenkes Sediakan Layanan Registrasi Vaksinasi Covid-19 Lewat WhatsApp, Catat Nomornya

Para ahli belum memiliki bukti kuat yang menyatakan kedua vaksin legal ini membahayakan janin. Dr Denise Jamieson, ketua ginekologi dan kebidanan di Sekolah Kedokteran Universitas Emory mengatakan, vaksinasi mungkin dapat melindungi ibu hamil dari penularan Covid-19.

Pemikiran ini berasal dari pengalaman vaksinasi untuk influenza dan batuk rejan atau pertusis, yang disetujui untuk digunakan pada ibu hamil.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini