Amankah Vaksin Covid-19? Begini Penjelasan BPOM

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 481 2345624 amankah-vaksin-covid-19-begini-penjelasan-bpom-huBzIBKXF8.jpg Ilustrasi vaksin Covid-19 (Foto : Scincedaily)

Program vaksinasi Covid-19 resmi dimulai pada Rabu 13 Januari 2021. Meski demikian masih banyak masyarakat yang ragu dan enggan untuk divaksin. Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi akan pentingnya vaksin Covid-19 selama masa pandemi.

Melalui laman Instagram resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) @bpom_ri, Sabtu (16/1/2021), vaksin adalah antigen berupa mikroorganisme yang sudah mati, masih hidup tapi dilemahkan, masih utuh dan bagiannya yang telah diolah berupa toksin mikroorganisme yang telah diolah menjadi toksoid, protein rekombinan.

vaksin covid-19

Apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit infeksi tertentu. Vaksin berfungsi untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi secara efisien dengan mengaktifkan respon tubuh terhadap penyakit tertentu.

Selanjutnya, jika virus atau bakteri yang sama masuk kembali ke dalam tubuh di masa depan, maka tubuh bisa mengenali dan tahu bagaimana cara melawannya.

Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Kata Peneliti

Selain itu masyarakat juga mempertanyakan tentang keamanan vaksin Covid-19 yang kini telah mulai disuntikkan kepada para tenaga kesehatan (Tenkes). Sebab sebelumnya banyak beredar hoax yang muncul terkait dengan vaksin tersebut.

Dalam unggahan tersebut BPOM menjelaskan semua vaksin yang sudah melewati uji klinis dan disetujui oleh badan otoritas terkait sangat aman. Negara-negara pengguna vaksin hanya akan menggunakan dan mendistribusikan vaksin yang sudah memenuhi uji kualitas dan standar keamanan yang tinggi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini