Deretan Cara Meraih Kebahagiaan, Bersyukur hingga Olahraga

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 612 2345306 deretan-cara-meraih-kebahagiaan-bersyukur-hingga-olahraga-4Lkja25V89.jpg Ilustrasi meraih kebahagiaan bersama teman-teman. (Foto: Standret/Freepik)

SETIAP manusia berhak meraih kebahagiaan dalam kehidupannya. Tanpa kebahagian, mereka akan merasa hampa sehingga tidak lagi bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Terkadang banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kebahagiaan, seperti meraih gelar kehormatan, mendapat hadiah, kesuksesan, dan lain-lain. Namun ternyata ada hal lain yang jauh lebih mudah untuk membuat Anda merasakan kebahagiaan itu.

Baca juga: Mencari Kebahagiaan dari Orang Lain Bikin Kecewa, Ini 8 Cara agar Bahagia 

Mengutip dari Times of India, Sabtu (16/1/2021), berikut adalah lima cara untuk mendapatkan kebahagiaan.

1. Jangan khawatirkan hal-hal kecil

Kebanyakan orang menyimpan terlalu banyak hal di pikiran dan mengkhawatirkan hal-hal yang tidak penting. Anda dapat berbahagia dengan melewatkan hal-hal kecil itu.

Jangan memikirkan emosi atau hal-hal yang negatif. Jika Anda tidak terlalu memikirkan hal-hal kecil, stres dalam hidup akan berkurang dan mendapatkan kegembiraan atau kebahagiaan.

Ilustrasi doa bersyukur. (Foto: Shutterstock)

2. Munculkan rasa syukur dalam diri

Ada kegembiraan yang luar biasa dalam mendapatkan banyak hal positif dan menakjubkan yang ada di dunia ini. caranya dengan menjadikan rasa syukur sebagai bagian dari keseharian Anda.

Kebanyakan orang mengarungi kehidupan tanpa pernah berhenti agar mendapatkan apa yang mereka inginkan. Namun dengan mengungkapkan rasa syukur, Anda akan mendapatkan rasa sukacita dan kebahagiaan dari apa yang sudah diraih.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Bikin Kamu Bahagia, Dicoba Yuk! 

3. Berbaik hati kepada diri sendiri

Ada sebuah pepatah lama: "Untuk menyebarkan kebahagiaan, Anda harus bahagia lebih dulu." Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang baik pada diri sendiri lebih bahagia dan mereka juga menyebarkan kebahagiaan di sekitarnya.

Jangan menyalahkan diri sendiri meskipun Anda sedang mengalami fase sulit dalam pekerjaan atau hubungan. Mengasihani diri sendiri membuat Anda menjadi orang yang bahagia.

4. Berlatih atau olahraga

Apakah Anda pernah merasa tinggi setelah berolahraga? Faktanya olahraga melepaskan endorfin di otak, hal ini seperti dosis morfin yang alami.

Olahraga mengurangi rasa sakit, mengangkat suasana hati, dan dalam istilah sederhana membuat Anda bahagia. Jadi tunggu apalagi? Pergi olahraga, berjalan-jalan atau berlari, bermain sepakbola, dan lihat perbedaannya.

Olahraga. (Foto: Gymnaholic)

Baca juga: 5 Cara Bahagia di Tengah Pandemi Covid-19 

5. Memiliki lingkungan pertemanan yang baik

Penelitian sekarang menunjukkan bahwa orang yang memiliki lingkungan teman yang baik dan hangat lebih baik daripada orang yang tidak memiliki teman. Menghabiskan waktu dengan teman adalah penghilang stres yang baik.

Mereka membawa dampak baik yang dapat membuat Anda merasa sejahtera dan bahagia. Jadi, belajarlah untuk berinvestasi dalam persahabatan yang bermakna dan lihat seberapa besar perbedaan yang dihasilkannya dalam kualitas hidup Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini