Presiden Jokowi dan Raffi Ahmad Disuntik, BPOM Ungkap Efek Samping Vaksin Covid-19

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 01:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 612 2345307 presiden-jokowi-dan-raffi-ahmad-disuntik-bpom-ungkap-efek-samping-vaksin-covid-19-MIapDaCQVV.jpeg Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)

PRESIDEN Jokowi beberapa hari lalu menerima vaksin Covid-19 pertama, sekaligus menandakan dimulainya vaksinasi. Selain Presiden Jokowi, ada juga artis Raffi Ahmad, serta jenderal TNI dan Kapolda.

Meskipun dinyatakan aman oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bukan berarti vaksin Covid-19 tidak memiliki efek samping. Kepala BPOM Penny K Lukito mengungkapkan, ada efek samping yang bisa terjadi.

"Efek samping yang ditimbulkan bersifat ringan hingga sedang, yaitu efek samping lokal berupa nyeri, indurasi (iritasi), kemerahan dan pembengkakan. Selain itu terdapat efek samping sistemik berupa myalgia (nyeri otot), fatigue, dan demam,” tutur Penny.

Presiden Jokowi sendiri, mengatakan tak merasakan apapun saat mendapatkan vaksin Covid-19. "Tidak terasa sama sekali," ujarnya.

Sementara Raffi mengatakan hanya merasa sedikit pegal dan mengantuk saja tadi. Aktor 33 tahun tersebut mengaku, efek samping itu tak sampai mengganggu kegiatannya. "Tapi semuanya aman,” ujar sang aktor. 

Baca Selengkapnya: Akan Disuntik Vaksin Sinovac, Ini Risiko yang Bisa Diterima Presiden Jokowi

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini