Nekat! Seorang Pria Tidur dengan 72 Ular Berbisa Selama 3 Hari

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 612 2345415 nekat-seorang-pria-tidur-dengan-72-ular-berbisa-selama-3-hari-Hl5kkQ5YVu.jpg Ilustrasi ular berbisa (Foto : Odditycentral)

Herpetelog ternama India, Neelam Kumar Khaire memiliki catatan menarik di masa kecilnya bersama reptil berbisa. Saat kecil, pencinta reptil ini menghabiskan waktu selama 72 jam atau 3 hari di dalam kandang sambil ditemani oleh 72 ekor ular berbisa.

Hal tersebut ia lakukan untuk membuktikan bahwa ular hanya akan menggigit manusia saat diprovokasi. Akibat hal tersebut, Khaire pun mendapat penghargaan dari Guinness Book of Record. Prestasi Khaire dimulai pada 1980 ketika ia masih bekerja sebagai resepsionis pada salah satu hotel di Pune saat usianya masih 28 tahun.

Ia memutuskan untuk menantang rekor yang dibuat oleh Peter Snyemaris yang berasal dari Afrika Selatan setahun sebelumnya. Sekadar informasi Snyemaris telah menghabiskan waktu selama 50 jam bersama 18 ular berbisa dan enam ular semi beracun di Johannesburg, Afrika Selatan. Tapi Khaire percaya bahwa orang India pantas mendapatkan rekor dunia lebih baik, sebab India dikenal sebagai negeri ular.

Pria Viral

Meskipun mendapat tentangan dari pihak berwenang setempat seperti polisi, yang tidak mengizinkannya untuk melanjutkan rencana gilanya pada 20 Januari 1980, tapi ia tetap nekat melakukannya. Khaire masuk ke dalam selungkup kaca dengan 72 ular berbisa di dalamnya.

Baca Juga : Belasan Ular Ditemukan di Benteng Vastenburg Solo, Ada Kobra Juga

Khaire jatuh cinta pada ular di usia awal 20 tahun-an, kala itu ia bekerja sebagai manajer rumah liburan di Matheran, dekat Bombay. Ular sering berkunjung ke tempat itu. Biasanya anggota staf yang lain membunuh ular begitu saja, namun Khaire tidak pernah bisa melakukan hal yang sama.

“Reptil sering menjadi pengunjung di tempat saya di Matheran. Saya benci membunuh makhluk cantik seperti itu. Kebanyakan dari mereka tidak berbahaya. Jadi saya mulai menangkap dan melepaskan mereka di perbukitan Sahyadri,” terang Khaire, melansir dari Oddity Central, Jumat (15/1/2021).

Khaire juga mengaku pernah menangkap seekor ular dan membawanya ke Institut Haffkin di Bombay. Ia diberi tahu bahwa ular itu beracun dan terlalu berisiko untuk dibawa dengan cara seperti yang dilakukannya. Tapi insiden itu justru meningkatkan keberaniannya dan memulai obsesinya dengan ular.

Sejak saat itu, Khaire telah mendirikan taman ular kecil di halaman belakang rumahnya, dan membuat rencana untuk mendirikan taman ular yang dilengkapi dengan pusat penelitian. Menurutnya membuat rekor Guinness baru hanyalah jenis prestasi yang diperlukan untuk menarik investor yang dibutuhkan.

Meskipun Guinness Records telah menulis rincian aturan main kepada Khaire, bahwa ia boleh menghabiskan setengah jam di luar kandang kaca setiap harinya, tapi pria berusia 28 tahun itu menolak untuk meninggalkan kandang ular tersebut. Ia menghabiskan seluruh waktunya di Lapangan olahraga BJ Medical College di Pune, selama 72 jam penuh.

Ular Berbisa

Khaire dan 72 ular yang terdiri dari 27 ular kobra monoselata, 24 ular berbisa Russell, sembilan ular kobra teropong, delapan kraits berpita, dan empat ular biasa berinteraksi dengan sempurna selama tiga hari tiga malam di dalam kandang kaca. Pria India itu harus sesekali mengambilnya dengan hati-hati untuk meletakkannya di tanah, jika mereka terlalu penasaran dan mulai memanjatnya.

Setelah sukses mencatatkan waktu selama 72 jam, Khaire telah menghancurkan rekor lama dan memasukkan namanya ke dalam Guinness Book of Records. Prestasi ini menjadi awal mula petualangannya. Rencananya untuk membangun taman ular pun menjadi kenyataan.

Pada 1986, dengan bantuan dari Perusahaan Kota Pune, ia menciptakan Taman Ular Katraj, yang kemudian dikenal sebagai Taman Zoologi Rajiv Gandhi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini