8 Pemahaman Salah Mengenai Kacamata Hitam, Termasuk soal Bisa Kedaluwarsa

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 02:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 612 2345674 8-pemahaman-salah-mengenai-kacamata-hitam-termasuk-soal-bisa-kedaluwarsa-ZnMvv1aXpK.jpg Ilustrasi kacamata hitam. (Foto: Blingfashioncoltd/Pixabay)

KETIKA melakukan aktivitas di luar ruangan di tengah teriknya sinar matahari, Anda memerlukan kacamata hitam. Ini untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari langsung.

Sama seperti tabir surya, kacamata hitam melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV) matahari yang dapat menyebabkan penuaan kulit dini. Tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari seperti keriput dan bahkan masalah mata.

Baca juga: 7 Tanda Anda Membutuhkan Kacamata Baru, Apa Saja? 

Saat membeli kacamata hitam biasanya Anda mementingkan bentuk dan bentuknya yang keren. Hal tersebut tidak lepas dari pemikiran mengenai kacamata hitam selama ini.

Berikut pemikiran salah mengenai kacamata hitam, seperti dirangkum dari The Healthy, Minggu (17/1/2021).

Ilustrasi kacamata hitam

1. Kacamata mahal lebih baik

Dengan harga yang lebih tinggi bukan berarti kacamata akan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap sinar UVA dan UVB.

“Kacamata hitam, bahkan pada titik harga yang lebih rendah, dapat memberikan perlindungan yang baik," kata dokter mata Inna Ozerov MD.

2. Ukuran tidak penting

Kacamata hitam dengan lensa yang lebih besar makan akan berfungsi lebih baik. "Pupil secara alami akan membesar saat seseorang memakai kacamata hitam yang memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke mata. Jika bingkai tidak cukup besar, sinar UV akan melewati tepi lensa dan lebih mudah memasuki mata saat pupil melebar," jelas dr Ozerov.

Baca juga: Cegah Covid-19, Dokter Sarankan Ganti Lensa Kontak dengan Kacamata 

3. Tidak perlu mengkhawatirkan goresan

Goresan pada lensa tidak akan merusak penglihatan Anda. Lalu goresan juga dapat melelahkan mata saat Anda berusaha melihat melalui lensa tersebut.

4. Penting memilih warna lensa yang tepat

Dokter Ozerov mengatakan warna lensa yang dipilih, misalnya abu-abu atau coklat, itu adalah preferensi pribadi dan tidak memiliki pengaruh.

5. Kacamata hitam bisa kedaluwarsa

Itu tergantung aspek bayangan mana yang Anda bicarakan. "Dalam hal perlindungan UV tidak (kedaluwarsa)," kata dokter mata Barry Kay, "Tidak ada penelitian yang saya lihat membuktikan hubungan penurunan tingkat perlindungan UV dengan pemakaian dan waktu."

6. Kacamata hitam murah itu bagus

Menurut dr Kay, sebenarnya kacamata yang harganya paling murah sekalipun dapat melidungi sebagian besar radiasi UV yang berbahaya.

"Tapi bukan itu masalahnya. Lensa plastik berkualitas buruk merusak penglihatan kita dan dapat menyebabkan sakit kepala," ungkapnya.

"Saya selalu menggunakan lensa kualitas resep, bahkan jika dayanya nol," tambahnya.

Baca juga: Kacamata Berembun saat Pakai Masker? Atasi Pakai 5 Cara Ini 

Kacamata hitam. (Foto: Nietjuh/Pixabay)

7. Lensa lebih gelap maka lebih protektif

Lensa yang lebih gelap akan menghalangi lebih banyak cahaya, tetapi bukan itu masalahnya. "Tingkat perlindungan UV bukanlah faktor warna," jelas dr Kay, "Ini ditentukan oleh perawatan lensa atau jenis polimer plastik lensa."

8. Semua kacamata hitam melindungi dari sinar UVA/UVB

Tidak semua kacamata hitam memiliki perlindungan UV, beberapa di antaranya hanyalah untuk aksesoris bergaya.

"Saat membeli kacamata hitam, selalu cari label atau stiker yang menunjukkan perlindungan UV," saran dokter mata Justin Bazan asal Brooklyn, New York, Amerika Serikat.

Baca juga: Kacamata Terbalik Keluaran Rumah Mode Mewah Ini Bikin Bingung Netizen 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini