Share

Ini 5 Masakan Indonesia yang Mudah Dibuat, Pas untuk Pemula

Diana Rafikasari, Okezone · Minggu 17 Januari 2021 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 298 2345822 ini-5-masakan-indonesia-yang-mudah-dibuat-pas-untuk-pemula-ptIpIpGBuY.jpg Bacem tempe dan tahun jadi masakan Indonesia yang gampang dibuat. (Foto: Instagram @susan_gracia)

INDONESIA memiliki banyak makanan khas yang enak dan unik. Hampir di setiap daerah memilikinya. Rasanya juga beragam, mulai manis, gurih, hingga pedas. Tidak hanya pribumi, warga asing juga banyak yang menyukai masakan Indonesia.

Ternyata makanan asli dalam negeri itu bisa dibuat sendiri di rumah. Bagi para pemula jangan ragu untuk membuat masakan Indonesia, sebab ada resep masakan Indonesia yang praktis dan bisa dibuat di dapur masing-masing.

Baca juga: Main ke Rumah Susi Pudjiastuti, Sandiaga Uno Disuguhkan Lobster hingga Udang BakarĀ 

Resep ini bisa dicoba untuk Anda yang tidak ingin ribet. Dijamin berhasil membuatnya. Apa saja? Berikut lima resep masakan Indonesia yang praktis, cocok untuk pemula, seperti dinukil dari akun Instagram @endeus.

1. Sup ayam

Sop atau sup ayam memang bisa jadi makanan andalan kapan saja. Membuatnya juga mudah, cukup rebus semua bahan yang tersaji, tambahkan bumbu, dan hidangkan saat matang. Salah satu yang paling terkenal dan banyak dibuat adalah sup ayam. Bahan dan alat yang dibutuhkan tidak rumit dan mengeluarkan dana banyak. Cara memasaknya pun mudah.

Rebus daging ayam yang sudah dibersihkan, sementara itu tumis bumbu halus dan masukkan dalam rebusan, aduk hingga bumbu matang. Lalu, tambahkan sayuran yang Anda inginkan, mulai dari yang paling keras seperti wortel. Setelah koreksi rasa, hidangkan selagi panas. Untuk menambah kreasi, Anda bisa menambahkan mie menjadi sop ayam mie instan.

Sup ayam makaroni. (Foto: Instagram @dapuruma)

2. Nasi goreng

Cara membuat nasi goreng sangat mudah. Tumis bumbu dan buat telur orak-arik, masukkan nasi, lalu tambahkan saus dan kecap sebagai bumbu dan penyedap. Campur semuanya sampai rata dan sajikan. Jika suka pedas, Anda bisa mencoba resep nasi goreng dengan banyak bumbu cabai.

Baca juga: Kala Gordon Ramsay Icip Kue Bika, Disebut Mirip MacaroonĀ 

3. Tumis kangkung

Hidangan ini gampang banget dibuat. Anda cukup menumis bumbu halus hingga harum. Masukkan kangkung dan segelas air, masak dengan api besar agar kangkung cepat matang dan warnanya tetap hjau. Terakhir, koreksi rasa sesuai selera. Selain tumis, kangkung juga bisa dibuat plecing.

Kangkung

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

4. Ayam goreng

Ayam goreng memang sangat enak, bisa dikreasikan dengan sambal, kecap, saus, dan lainnya. Membuatnya pun tidak sulit. Cukup goreng ayam yang telah direbus dengan bumbu ke dalam minyak panas. Selain itu, Anda juga bisa menambah kerenyahannya dengan menggunakan tepung serbaguna.

Baca juga: Ketika Nama Masakan Indonesia Dialihbahasakan Jadi PrancisĀ 

5. Bacem tahu dan tempe

Rasa tahu dan tempe baceman memang sangat legit. Perpaduan antara manis dan gurih, membuat ingin makan lagi dan lagi. Hidangan ini juga tahan lama jika disimpan dengan baik dan cocok untuk pemula dengan mobilitas tinggi. Cara membuatnya, rebus bumbu halus dan rempah-rempah dengan air kelapa, lalu tambah tahu atau tempe hingga didih.

Masukkan gula merah, kecap manis, dan air asam jawa setelahnya. Diamkan sampai menyusut, lalu matikan api jika cairan sudah berkurang. Setelah itu bisa langsung digoreng.

Baca juga: Pergi ke Luar Negeri, Chef Yuda Bastara Sering Bekal Bahan Masakan SendiriĀ 

Ayam Goreng Serundeng

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini