Rutin Periksa Kadar Kolesterol, Ini Penyakit yang Bisa Dicegah

Antara, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 481 2345689 rutin-periksa-kadar-kolesterol-ini-penyakit-yang-bisa-dicegah-XWy9CzgRIj.jpg Ilustrasi periksa kadar kolesterol. (Foto: Shutterstock)

RUTIN memeriksa kadar kolestrol ternyata sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan rajin melakukan aktivitas medis ini. Di antaranya adalah mencegah risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kedua penyakit itu bisa dicegah karena sangat terkait dengan kadar kolesterol. Hal ini juga termasuk untuk risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

Baca juga: Kolesterol Tinggi, Kenali dengan 4 Gejala Fisik Ini 

"Pemeriksaan berkala penting karena peningkatan kolesterol erat hubungannya dengan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung koroner dan stroke," kata Samuel Oetoro, dokter spesialis gizi klinik konsultan obesitas dan metabolisme, sebagaimana dinukil dari Antara.

Ilustrasi kolesterol. (Foto: Shutterstock)

Dia menjelaskan, pemeriksaan berkala komponen lemak darah atau profil lipid sangat penting dilakukan secara rutin atau berkala. Tujuannya mendeteksi peningkatan kadar kolesterol yang bisa saja tidak disertai gejala.

Baca juga: Makan 5 Camilan Ini, Efektif Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi 

Kemudian untuk mencegah naiknya kolesterol jahat, setiap orang sebaiknya tetap melakukan aktivitas fisik dan menjaga pola makan.

"Angka kejadian kolesterol rendah lebih jarang ditemui dibandingkan dengan angka kejadian kolesterol tinggi. Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi rentan mengalami penyumbatan berbagai pembuluh arteri dan peningkatan risiko pembentukan batu empedu," jelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini