3 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok, Yuk Dipraktikkan

Iman Firmansyah, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 481 2345871 3-cara-ampuh-mengatasi-rambut-rontok-yuk-dipraktikkan-oFO9E4Ioyh.jpg Ilustrasi rambut rontok. (Foto: Sheknows)

PRIA atau wanita bisa mengalami rambut rontok. Banyak faktor yang memengaruhi rambut rontok. Mulai kesehatan tubuh yang sedang terganggu hingga salah menggunakan sampo atau produk rambut lainnya.

Rambut rontok bisa mengganggu penampilan seseorang. Kondisi ini tentu tidak bisa dianggap remeh. Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan dengan sederhana oleh penderitanya.

Baca juga: Deretan Makanan yang Dapat Menyebabkan Rambut Rontok, Kurangi Konsumsi! 

Selain menggunakan sampo, perlu juga melakukan berbagai perawatan lain untuk rambut rontok. Dilansir dari Boldsky, Minggu (17/1/2021), berikut ini langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah rambut rontok.

Rambut rontok.

1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan ternyata dapat memberikan pengaruh terhadap perawatan rambut rontok. Untuk membantu memperkuat rambut, pastikan mengonsumsi makanan yang bergizi. Makanan tersebut harus mengandung zat-zat seperti asam folat, zat besi, zinc, protein, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga harus rajin mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Antioksidan bisa membantu memerangi radikal bebas yang jadi penyebab rambut rontok.

Baca juga: Awas, Rambut Rontok Bisa Jadi Gejala Baru Covid-19! 

2. Hindari stres berlebihan

Stres yang berlebihan bisa jadi penyebab rambut rontok. Guna mengatasinya, ada baiknya hindari stres. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur kadar stres tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan meluangkan waktu untuk berolahraga. Menghindari beban kerja yang berlebihan juga bisa menjadi solusi. Olahraga yoga atau bermeditasi juga dapat membantu menenangkan diri.

3. Kurangi penggunaan alat styling rambut

Seperti diketahui, alat styling rambut merupakan salah satu penyebab utama rambut rontok. Ada baiknya mengurangi penggunaan alat-alat styling rambut selama masa perawatan. Kalaupun Anda harus menggunakannya, pastikan mengaplikasikan serum terlebih dulu. Serum tersebut berfungsi melapisi rambut, sehingga panas dari alat styling yang digunakan tidak akan merusak rambut. Untuk mengeringkan rambut, sebaiknya menghindari penggunaan hair dryer, apalagi jika rambut Anda dalam kondisi benar-benar basah.

Baca juga: Rambut Rontok Jangan Bikin Stres, Tumbuhkan dengan 6 Cara Alami Ini 

Rambut rontok. (Foto: Slavoljubovski/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini