Penderita Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri, Ini Vitamin yang Mesti Diminum

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 481 2345953 penderita-covid-19-jalani-isolasi-mandiri-ini-vitamin-yang-mesti-diminum-fAlH29RtF3.jpeg Ilustrasi vitamin untuk penderita covid-19. (Foto: Shutterstock)

WABAH virus corona atau covid-19 masih melanda secara global, termasuk Indonesia. Jumlah penderita covid-19 pun melonjak drastis. Mereka terdiri dari penderita tanpa gejala dan dengan gejala ringan sampai berat.

Di Indonesia, para penderita covid-19 tanpa gejala diimbau melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Pasalnya, ketersediaan kamar di rumah sakit rujukan pasien virus corona sedang penuh. Mereka mengutamakan pasien dengan gejala untuk dirawat.

Baca juga: Mengenal Pneumonia, Penyakit yang Diderita Farida Pasha Sebelum Wafat karena Covid-19 

Bagi panderita covid-19 tanpa gejala jangan khawatir jika melakukan isolasi mandiri di rumah. Tetap memerhatikan pola hidup sehat dan selalu mendapat asupan vitamin.

Nah, berikut ini beberapa vitamin yang mesti dikonsumsi penderita covid-19 tanpa gejala jika melakukan isolasi mandiri di rumah.

Vitamin C

1. Vitamin C

Vitamin C diyakini dapat membantu seseorang melawan flu lebih cepat atau meredakan gejala pilek jika meminumnya sebelum sakit. Demikian juga dengan penderita covid-19, jika mengonsumsinya akan membuat lebih cepat pulih.

Baca juga: Inilah i-Nose C-19 Buatan ITS, Alat Deteksi Covid-19 Lewat Bau Ketiak 

2. Vitamin B

Pastikan penderita covid-19 mendapatkan cukup vitamin B komplek sebagai suplemen. Ini bisa sebagai bagian dari makanan harian pasien. Vitamin B bisa dengan mudah didapat, misalnya dalam asupan harian dari sereal yang diperkaya atau dalam multivitamin.

3. Vitamin D

Mendapatkan vitamin D yang cukup juga dapat melindungi pasien dari infeksi saluran pernapasan. Suplementasi vitamin D secara signifikan mengurangi kemungkinan infeksi saluran pernapasan, berdasarkan studi klinis yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics.

Baca juga: Wamenkes: Kekebalan Tubuh Terbentuk 2 Sampai 6 Minggu Usai Divaksin Kedua 

Vitamin D

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini