Atasi Sakit Eksim, Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 04:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 481 2346055 atasi-sakit-eksim-coba-gunakan-5-bahan-alami-ini-YKe5OpmKSo.jpg Lidah buaya salah satu bahan alami yang bisa mengatasi eksim. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu penyakit kulit yang banyak dialami masyarakat adalah eksim. Sakit eksim merupakan gangguan pada kulit yang ditandai kulit kering, gatal, dan munculnya ruam merah.

Sakit eksim termasuk peradangan kulit. Biasanya orang menggunakan krim, bahan alami, melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup untuk mencegah eksim.

Baca juga: Anak Punya Eksim Susu, Lebih Baik Dimandikan dengan Air Panas atau Air Dingin? 

Pengobatan menggunakan bahan alami tidak dapat menyembuhkan eksim, tetapi dapat membantu mengelola gejala dan mencegah ruam merah.

Zat alami seperti gel lidah buaya dan minyak kelapa bisa melembapkan kulit yang kering dan rusak. Ini juga dapat melawan peradangan serta bakteri berbahaya untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah infeksi.

Seperti dikutip dari Medical News Today, Senin (18/1/2021), berikut bahan alami yang dapat membantu meredakan sakit eksim.

Eksim pada bayi. (Foto: Shutt)

1. Gel lidah buaya

Orang-orang telah menggunakan gel lidah buaya selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu penggunaan yang umum adalah untuk meredakan eksim.

Menurut peneliti, efek antibakteri dan antimikroba dalam gel lidah buaya dapat mencegah infeksi kulit. Sifat penyembuhan luka lidah buaya dapat menenangkan kulit yang rusak dan mempercepat penyembuhan.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah pengobatan rumahan yang populer untuk berbagai kondisi, termasuk gangguan kulit. National Eczema Association (NEA) melaporkan bahwa cuka sari apel dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Namun, mereka merekomendasikan untuk berhati-hati karena asam cuka dapat merusak jaringan lunak.

Baca juga: Waspada Eksim Susu Pada Bayi, Simak Tips Mencegahnya

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak sehat yang dapat menambah kelembapan pada kulit. Ini juga dapat membantu mengatasi kulit kering dan eksim. Selain itu, minyak kelapa murni dapat melindungi kulit dengan membantu memerangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pelindung kulit.

4. Madu

Sebuah tinjauan menegaskan bahwa madu dapat membantu menyembuhkan luka dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Madu juga bermanfaat mengobati berbagai penyakit kulit, termasuk luka bakar dan luka, serta memiliki antibakteri.

Madu. (Foto: Fancycravel1/Pixabay)

Baca juga: Cara Merawat Bayi dengan Eksim Susu agar Tidak Sering Kambuh 

5. Minyak pohon teh

Orang sering menggunakan minyak ini untuk membantu mengatasi masalah kulit, termasuk eksim. Ulasan pada 2013 mengidentifikasi sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan penyembuhan luka dalam minyak pohon the dapat membantu meredakan kekeringan dan gatal-gatal pada kulit serta membantu mencegah infeksi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini