10 Camilan Sehat yang Cocok untuk Pertumbuhan Remaja

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 298 2346280 10-camilan-sehat-yang-cocok-untuk-pertumbuhan-remaja-Mgaa0sopHX.jpg Quinoa jadi salah satu camilan sehat yang cocok untuk remaja. (Foto: The Spruce)

DALAM masa pertumbuhan dan perkembangan yang cepat, remaja membutuhkan asupan optimal. Di antaranya adalah makronutrien berupa lemak, protein, dan karbohidrat; atau mikronutrien yakni vitamin serta mineral.

Makanan atau camilan sehat membantu para remaja memenuhi kebutuhan energi, sehingga dapat melakukan kegiatan akademis dan atletik dengan maksimal. Perut yang kenyang juga dapat membantu remaja fokus mengerjakan sesuatu.

Baca juga: 4 Bahan Alami Ini Bantu Percantik Kulit, Perlambat Penuaan Dini! 

Selain makanan pokok, kudapan-kudapan yang dikonsumsi juga mesti diperhatikan. Memiliki camilan sehat adalah hal yang sangat baik untuk memenuhi nutrisi tubuh.

Berbagai camilan sehat dapat dibeli atau dibuat sendiri. Apa saja camilan sehat yang cocok untuk pertumbuhan remaja? Berikut daftarnya, seperti dilansir Healthline.

1. Sandwich apel dan mentega kacang

Mentega kacang dan apel adalah kombinasi yang lezat dan mengenyangkan. Anda cukup mengoleskan selai kacang favorit anak remaja Anda di antara irisan apel. Camilan ini kaya akan serat dan protein. Untuk rasa yang lebih renyah, Anda bisa menambahkan biji chia atau kacang cincang di tepinya.

Hummus

2. Hummus

Hummus adalah saus isian yang terbuat dari kacang arab. Hummus dikemas dengan serat, magnesium, folat, mangan, lemak sehat, dan protein. Ambil hummus, lalu isi dengan irisan sayuran seperti wortel, mentimun, seledri, dan zucchini untuk camilan bergizi.

3. Sate tomat ceri dan mozzarella

Asupan kalsium remaja juga harus mencukupi. Ini penting untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang. Sate bola mozzarella susu dan tomat yang berair tidak hanya mengandung kalsium tetapi juga lemak sehat, protein, dan antioksidan kuat.

Baca juga: Hilangkan Bosan, Banyak Orang Pilih Ngemil 

4. Camilan bento

Kotak bento adalah wadah makanan dengan beberapa kompartemen untuk memisahkan camilan. Isi kotak bento dengan berbagai makanan kaya serat, lemak sehat, dan protein. Misalnya, pasangkan telur rebus dengan stik sayuran, buah segar, kerupuk gandum, dan guacamole.

5. Oat mentega apel dan almond

Anda dapat membuat porsi camilan dengan menggunakan toples kecil berukuran 4 ons (118 ml). Resep khusus ini mudah disiapkan dengan menggabungkan bahan-bahan bergizi seperti apel, mentega almond, oat, dan yogurt.

6. Puding selai kacang dan jelly chia

Biji chia mengandung nutrisi yang dibutuhkan remaja, termasuk protein, lemak sehat, magnesium, kalsium, mangan, dan fosfor. Padukan blueberry yang kaya antioksidan dengan selai kacang, dan menggunakan santan untuk anak-anak yang perlu menghindari produk susu.

7. Muffin oatmeal pisang

Untuk mengurangi kadar gula, gunakan bahan-bahan yang sehat, seperti pisang, gandum gulung, dan yogurt Yunani susu murni untuk membuat muffin oatmeal pisang. Rasa manis alami akan terasa berasal dari pisang dan sedikit sirup maple.

Baca juga: 5 Camilan Sehat Cocok untuk Perjalanan, Jaga Tubuh Tetap Berenergi 

8. Stik keju

Keju dari susu murni tidak hanya menyediakan kalsium, protein, dan lemak sehat, tetapi juga mineral penting, termasuk seng dan selenium yang mendukung kesehatan kekebalan tubuh. Stik keju berkualitas tinggi cocok untuk camilan sehat anak remaja.

Stik kentang keju. (Foto: @dapurbamari)

9. Isian ubi jalar

Ubi jalar mengandung protein, provitamin A, serat, vitamin C, dan kalium. Cukup isi ubi panggang kecil dengan bahan-bahan seperti sayuran panggang, ayam, kacang-kacangan, atau alpukat.

Baca juga: Deretan Camilan Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Silakan Dikonsumsi 

10. Salad quinoa

Gabungkan quinoa matang dengan tomat sundried, mentimun, tomat ceri, dan keju feta. Lengkapi dengan sumber protein seperti udang panggang, ayam, salmon, tahu, atau kacang-kacangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini