Hati-Hati, Terlalu Lama Pakai Masker Bisa Sebabkan Mata Kering

Antara, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 481 2346199 hati-hati-terlalu-lama-pakai-masker-bisa-sebabkan-mata-kering-NP9Xs89HRb.jpg Terlalu lama memakai masker ternyata bisa membuat mata kering. (Foto: OrnaW/Pixabay)

MASKER di masa pandemi covid-19 ini menjadi perlengkapan penting bagi semua orang. Sebab masker cukup efektif mencegah persebaran virus corona tersebut. Tapi ternyata masker juga bisa menimbulkan dampak negatif jika digunakan terlalu lama. Salah satunya mata kering.

Mata kering bisa muncul apabila terlalu lama memakai masker wajah. Tetapi kondisi itu bisa dicegah, sama halnya dengan iritasi kulit atau jerawat akibat masker.

Baca juga: 6 Cara Alami Obati Mata Kering, Mudah Dipraktikkan Lho 

Jika Anda mengalami iritasi dan kurangnya lubrikasi pada mata selama beberapa bulan terakhir, terutama setelah masker menjadi perlengkapan rutin, kemungkinan Anda bisa mengalami masalah kesehatan ini.

Seperti dikutip dari Express, Senin (18/1/2021), pakar kesehatan Nikkhil K Masurkar menyebut kondisi ini banyak terjadi dalam beberapa bulan terakhir sejak dokter mata memerhatikan makin banyaknya orang yang melaporkan mata kering dan teriritasi.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Jangan Kucek Mata yang Gatal dan Kering 

Mata kering terkait masker juga dibahas dalam makalah berjudul "Face Mask-Associated Ocular Irritation and Dryness" yang diterbitkan dalam jurnal Ophthalmology and Theory pada Juli 2020.

Penulis makalah melaporkan peningkatan signifikan gejala mata kering di antara pengguna masker biasa di beberapa klinik di Utah di Amerika Serikat.

Sebenarnya, apa penyebab mata kering pada para pemakai masker? Pemakai masker umumnya merasakan area di sekitar wajah bagian bawah cenderung memanas karena pernapasan terus-menerus di dalam masker.

Baca juga: Jangan Sepelekan Mata Kering, Bisa Jadi Tanda Kena Lupus 

Menurut peneliti, mengenakan masker menghalangi aliran normal udara dari lubang hidung dan juga mengarahkan kembali sebagian udara yang Anda embuskan ke mata.

Ketika hal ini terjadi terus-menerus selama berjam-jam, maka bisa berkontribusi pada mengeringnya pelumas di mata yang mengakibatkan iritasi atau pembengkakan pada permukaan mata.

Baca juga: 7 Kesalahan Penggunaan Masker yang Sering Dilakukan Banyak Orang 

Ilustrasi mata kering

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini