7 Cara Rawat Rambut Keriting Supaya Tetap Sehat dan Berkilau

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 611 2346168 7-cara-rawat-rambut-keriting-supaya-tetap-sehat-dan-berkilau-rxy4YZdC4c.jpg Rambut keriting. (Foto: Wayhomestudio/Freepik)

RAMBUT keriting dipengaruhi oleh genetika yang memiliki folikel rambut oval atau asimetris. Rambut keriting cenderung mudah kering dan sangat membutuhkan kelembapan. Perlu perawatan ekstra untuk membuatnya tetap terlihat sehat dan berkilau.

Saat ingin mempertahankan ikal alaminya, ada beberapa cara yang harus selalu dilakukan. Simak uraian cara merawat rambut keriting supaya tetap sehat dan berkilau, seperti dilansir Healthline.

Baca juga: Enggak Perlu Minder, Menjaga Keindahan Rambut Keriting Itu Mudah Kok 

1. Pilih sampo dan kondisioner yang tepat

Dikarenakan rambut keriting lebih mudah kering, pilihlah kandungan produk sampo dan kondisioner yang bisa memberikan kelembapan. Bisa dengan campuran minyak kelapa, minyak jojoba, minyak bunga matahari, minyak alpukat, lidah buaya, shea butter, keratin, dan ekstrak tumbuhan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner yang bantu mengunci kelembapan.

Ilustrasi rambut keriting. (Foto: Popsugar)

2. Perawatan sebelum keramas

Bagi rambut keriting yang benar-benar kering, tidak ada salahnya mencoba perawatan sebelum keramas dengan mengaplikasikan kondisioner pada rambut. Memang sedikit aneh, tapi secara teori, kondisioner membantu melindungi helai rambut sehingga sampo tidak akan menghilangkan minyak alaminya.

Baca juga: Artis Sonia Alyssa Bagikan Rahasia Merawat Rambut Keritingnya 

3. Keramas dengan air dingin

Jika selama ini keramas menggunakan air panas, bisa dihentikan. Air panas hanya akan membuat rambut kering. Jadi, beralihlah pada air dingin yang bisa mempertahankan kelembapannya. Selain itu, air dingin juga membantu menutup kutikula rambut.

4. Jangan keramas terlalu sering

Keramas setiap hari hanya akan menghilangkan minyak alami rambut. Lakukanlah setidaknya dua atau tiga hari sekali.

Baca juga: Rambut Keriting Tidak Boleh Sering Pakai Sampo Loh

5. Memilih sisir yang tepat

Untuk memisahkan rambut keriting yang kusut, mulailah dengan sisir yang bergigi lebar. Lakukan saat kondisioner masih menempel di rambut untuk memudahkannya. Hindari sisir yang terbuat dari plastik.

6. Lindungi rambut sebelum di-styling

Sekali-kali mungkin rambut ingin diberi gaya dengan meluruskannya atau sekadar dikeringkan menggunakan pengering rambut. Tapi sebelum itu jangan lupa untuk menyemprotkan keratin agar kutikula tertutupi dan membuatnya lebih tahan panas.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok, Yuk Dipraktikkan 

7. Potong ujung rambut secara rutin

Rambut keriting yang bercabang tidak saja terasa kasar tapi juga membuat kusut. Cara terbaiknya adalah dipotong secara rutin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini