Kisah Pilu Dayana yang Sempat Lumpuh Sebelum Viral

Poppy Fadhilah, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 612 2346354 kisah-pilu-dayana-yang-sempat-lumpuh-sebelum-viral-CMMtgWAdNJ.jpg Dayana sempat alami kelumpuhan pada tahun 2017 (Foto : Obozrenie.kz dan YouTube/Fiki Naki Channel Fanbase-Reyna Channel)

Dayana si gadis cantik asal Kazakhstan makin dikenal di jagad maya. Tidak hanya Indonesia, nama Dayana juga mulai dikenal di negara Malaysia dan Thailand usai streaming dengan YouTuber Indonesia, Fiki Naki.

Jumlah followersnya di media sosial Instagram pun terus naik pesat. Hingga saat tulisan ini dibuat, akun @demi.demik sudah memiliki 990 ribu pengikut.

Dayana

Selain cantik, Dayana juga seorang mahasiswa jurusan Hukum di M Narikbayev Kazguu University. Gadis cantik asal Kazakhstan ini memiliki segudang pesona, mulai dari senyumnya yang manis sampai gaya fashionnya.

Dayana

(Foto : YouTube/Fiki Naki Channel Fanbase)

Di balik semua itu, ternyata Dayana memiliki masa lalu yang pilu. Sebelum viral, perempuan dengan nama lengkap Dayana Asembaeva ini diketahui pernah mengalami kelumpuhan pada tahun 2017.

Baca Juga : Dayana si Gadis Cantik Kazakhstan Kini Punya Manajer, Langsung Pemotretan!

Fakta ini terungkap sejak beberapa orang menemukan sebuah situs berbahasa Rusia yang menggalang dana untuk biaya operasi gadis 15 tahun yang tidak lain adalah Dayana.

Dayana

Pada situs obozrenie.kz dijelaskan Dayana mulai sering kehilangan kesadaran di tahun 2017. Hasil MRI otaknya mengungkapkan anomali Arnold Chiari tingkat pertama.

Anomali ini bersifat bawaan, bagian bawah otak turun melalui foramen oksipital tengkorak, sehingga mencegah aliran bebas cairan serebrospinal. Dayana pun tidak bisa berjalan dan membutuhkan operasi yang rumit dan mahal.

Kisah Dayana juga disorot oleh sebuah stasiun televisi Kazakhstan yang ditampilkan oleh beberapa akun YouTube Indonesia, salah satunya Reyna Channel. Dayana banyak mendapat dukungan dari orang-orang di sekitarnya. Guru dan para wali murid di sekolahnya bahkan melakukan penggalangan dana hingga mengadakan konser amal.

Dayana

Pada 13 Juli, penggalangan dana untuk operasi tersebut ditutup. Dayana berhasil dioperasi di suatu klinik di Spanyol pada 26 Juli. Disebutkan Dayana bisa berjalan sendiri pada 1 Agustus.

Sang ayah pun mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang mengumpulkan dana untuk operasi Dayana. Hal itu membuat keyakinan mereka tumbuh.

“Terima kasih kepada orang-orang dan daya tanggap mereka, terima kasih atas dukungan mereka, keyakinan kami tumbuh. Awalnya praktis tidak ada harapan untuk mengumpulkan jumlahnya, tetapi sekarang kami sudah yakin akan mengumpulkannya," ujarnya.

Ayah Dayana sangat terharu dan tidak tahu harus berkata apa lagi. Dia begitu terkejut banyak orang baik di dunia ini.

Terima kasih kepada orang-orang yang baik hati, relawan, kenalan, dan bahkan orang asing. Saya tidak pernah tahu ada begitu banyak orang baik di dunia ini,” ungkap ayah Dayana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini