Sakit Mata Disertai Demam dan Batuk, Waspada Gejala Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 612 2346591 sakit-mata-disertai-demam-dan-batuk-waspada-gejala-covid-19-2iQU0L0GNI.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SUDAH berjalan lebih dari satu tahun, Covid-19 nampak belum berhenti menghantui dunia. Bahkan, belakangan virus tersebut dikabarkan bermutasi dengan gejala yang lebih dari flu, batuk dan demam.

Dilansir dari laman Times of India, ternyata sakit mata juga bisa dikategorikan sebagai gejala Covid-19. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, gejala tersebut telah dimasukkan ke dalam list tanda-tanda terpapar virus corona itu.

Selain itu, penelitian tersebut mengklaim bahwa 18 persen dari pasien Covid-19 dengan fotofobia, yang berarti kepekaan terhadap cahaya, sementara 16 persen mengalami sakit mata, dan 17 persen mengalami mata gatal.

"Gejala mata paling signifikan yang dialami oleh orang yang menderita Covid-19 adalah sakit mata. Gejala lain yang terkait dengan jenis konjungtivitis lain, seperti keluarnya lendir dan mata berpasir yang terkait dengan infeksi bakteri," kata seorang peneliti di BMJ Open Ophthalmology.

sakit mata

"Istilah 'konjungtivitis' terlalu luas dan harus digunakan dengan hati-hati," tambah dia.

Oleh karenanya, apabila tiba-tiba mata Anda sakit disertai gejala Covid-19 lainnya seperti demam, batuk, flu hingga kelelahan segera cek ke dokter.

Jika memang hasilnya negatif, lakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Guna mencegah Anda terserang virus tersebut, karena kondisi yang sedang tidak fit.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini