Mengenal Kue Putu, Jajanan Khas Nusantara yang Lezat dan Nikmat

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 298 2346810 mengenal-kue-putu-jajanan-khas-nusantara-yang-lezat-dan-nikmat-x6JPses1E4.jpg Kue putu (Foto : Wikipedia)

Banyak jajanan tradisional khas Nusantara yang saat ini masih bertahan keberadaannya. Salah satunya adalah kue putu, camilan satu ini memiliki rasa unik serta teksturnya khas.

Dikutip dari laman Wikipedia, diambil dari bahasa Jawa yaitu phutu. Terbuat dari bahan-bahan simpel seperti, tepung beras, parutan kelapa dan isi gula merah/jawa.

Kue putu ini dikenal Dinasti Ming dengan sebutan XianRoe Xiao Long yang berarti kue dari tepung beras berisi kacang hijau. Setelah masuk ke Indonesia, toping kun ini diganti menjadi gula merah.

Kue Putu

Kemudian di Indonesia sendiri kue tersebut muncul dalam Serat Centhini yang ditulis pada 1814 di masa kerajaan Mataram. Kejadian puthu diambil sekitar 1630 di Desa Wanamarta, Jawa Timur.

Kebanyakan warna kue putu yang sering ditemui berwarna hijau, berasal dari daun suji. Ditambah dengan warna putih dari parutan kelapa, membuat kue ini terlihat menarik.

Biasanya kue ini dijual saat sore hari menjelang malam, dijajakan dengan gerobak atau dipanggul. Penjual putu memiliki keunikan sendiri, yaitu suara dari cerobong asap kecil kemudian berbunyi nyaring.

Baca Juga : Camilan Kue Putu Ayu Buat Akhir Pekan Tambah Seru, Ini Resepnya Bunda

Selain itu, di beberapa daerah di Nusantara juga punya kuu putu dengan ciri khasnya masing-masing. Misalnya, versi Bugis, Sulawesi Selatan. Di daerah tersebut, kue putu memakai beras ketan hitam tanpa gula. Putu dimakan dengan taburan parutan kelapa dan sambal. Putu Bugis hanya dijual pagi hari sebagai pengganti sarapan yang praktis.

Menariknya kue ini sudah merambah ke negara lain, seperti Singapura dan Malaysia. Apabila Anda menemuinya di kedua negara tersebut, maka bentuknya akan sedikit berbeda. Namun rasanya tetaplah sama.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini