IDI: Keterbatasan Rumah Sakit untuk Pasien Covid-19 Juga Terjadi di Negara Lain

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 481 2347194 idi-keterbatasan-rumah-sakit-untuk-pasien-covid-19-juga-terjadi-di-negara-lain-vFnHj3rTW0.jpg Pandemi virus corona (Foto: Oddity)

Pasien Covid-19 di Indonesia saat ini angkanya kian meningkat sehingga rumah sakit penuh. Akhirnya banyak pasien yang terbengkalai.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. dr. Zubairi Djoerban mengatakan, kejadian tersebut tidak hanya dialami di Indonesia. Hampir di setiap negara pun mengalami hal sama.

 pasien Covid-19

"Bagaimana mengenai tempat tidur yang penuh di rumah sakit? yang penuh memang di manapun, di dunia ini dimulai dari Prancis, Jerman dan Inggris apalagi juga pernah mengalami rumah sakit penuh," katanya saat diskusi publik daring dengan tajuk: Pencegahan dan Pengobatan Covid-19: Apa Yang Bisa Dilakukan?, Selasa (19/1/21).

Lebih lanjut kata dia, kenaikan jumlah pasien Covid-19 ini dipengaruhi oleh libur panjang saat di penghujung akhir tahun 2020 lalu.

Menurutnya, lonjakan di Indonesia rata-rata di atas 25 persen, sebelumnya sempat rendah, yaitu 15 persen. Kemudian secara bertahap ada kenaikan, hingga sekarang mencapai di atas 25 persen.

"Jakarta juga sama dari mulai 8 persen, lalu 10 persen, sekarang di atas 15 persen," ujarnya.

 Baca juga: 5 Inspirasi Outfit Kasual Moon Ga Young dengan Celana Jeans Bikin Lebih Percaya Diri

"Itu bukan hanya sekedar angka mutlak, namun lebih ke arah persentase kasus positif dalam seminggu terakhir dalam dua minggu terakhir memang benar naik," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini