Mulut Terasa Pahit? Atasi dengan 5 Cara Ini

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 481 2347238 mulut-terasa-pahit-atasi-dengan-5-cara-ini-HfDl2SXc0Q.jpg Ilustrasi mulut terasa pahit saat pagi hari. (Foto: Directube)

MULUT terasa pahit pasti pernah dirasakan setiap orang. Banyak orang mengira ini terjadi akibat asam lambung naik, padahal tidak selalu karena itu.

Mulut pahit membuat orang menjadi kehilangan nafsu makan hingga malas berbicara dengan orang lain karena khawatir menimbulkan bau mulut tidak sedap. Jika Anda mengalaminya juga, mungkin bakal melakukan hal yang sama.

Baca juga: Ini 11 Penyebab Mulut Terasa Pahit saat Pagi Hari 

Perubahan rasa yang terus-menerus di mulut secara medis dikenal sebagai dysgeusia. Rasa ini digambarkan tidak enak dan bisa bertahan lama sampai penyebab utamanya diobati.

Penderita dysgeusia mungkin mengalami rasa konstan yang sering mereka gambarkan sebagai rasa pahit, busuk atau bau, serta asin.

Mulut. (Foto: Wayhomestudio/Freepik)

Kejadian seperti ini bisa dialami seseorang kapan pun dan di mana pun, bahkan ketika baru bangun tidur. Entah apa yang menyebabkan hal ini terjadi di pagi hari setelah bangun tidur, namun cukup mengganggu untuk mengawali harinya.

Mengobati rasa pahit di mulut untuk jangka waktu lama biasanya melibatkan pengobatan dari asal usulnya penyakit ini muncul. Seorang dokter seringkali mendiagnosis masalah dengan menanyakan tentang gejala, penggunaan obat lain, dan menjalankan tes, hingga akhirnya mereka dapat merekomendasikan perawatan yang tepat.

Baca juga: Bau Mulut Jangan Dibiarkan, 7 Cara Ini Mampu Mengatasinya 

Pengobatan rumahan ternyata dapat membantu beberapa orang menemukan jawaban atas gejala yang sedang dialami, meskipun mungkin tidak berhasil untuk semua orang. Mengutip dari Medical News Today, Selasa (19/1/2021), berikut ini pengobatan praktis yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mulut terasa pahit.

1. Merawat gigi secara teratur

Lakukan perawatan gigi secara teratur seperti menyikat, membersihkan gigi dengan benang, dan menggunakan obat kumur antibakteri. Berbagai produk perawatan gigi tersedia untuk dibeli secara daring, termasuk sikat gigi, benang gigi, dan obat kumur.

2. Mengunyah permen karet bebas gula

Cara selanjutnya bisa dengan mengunyah permen karet bebas gula. Berbagai permen karet bebas gula juga tersedia untuk dibeli secara daring.

3. Cukup mengonsumsi air mineral

Mengonsumsi air mineral dengan jumlah yang cukup sepanjang hari dapat membuat mulut tidak terasa pahit. Pasalnya, cairan dalam tubuh tetap terjaga.

Baca juga: Sains dan Alquran Ungkap Pentingnya Jaga Kebersihan Mulut 

4. Kurangi asupan asam

Menghindari faktor risiko refluks asam seperti memakan makanan berminyak atau pedas serta mengurangi atau menghilangkan penggunaan produk tembakau dan alcohol bisa mencegah mulut terasa pahit.

5. Gunakan teh soda kue

Cobalah membilas mulut dengan satu sendok teh soda kue yang ditambahkan ke segelas air. Ini cukup efektif menghilangkan mulut terasa pahit.

Baca juga: 3 Makanan yang Harus Anda Hindari Setelah Pasang Behel 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini