Viral! Wanita Ini Miliki Batu Kandung Kemih Beratnya Nyaris Setengah Kilogram

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 481 2347249 viral-wanita-ini-miliki-batu-kandung-kemih-beratnya-nyaris-setengah-kilogram-txjANOr0aw.jpg Batu kandung kemih (Foto: Oddity)

Foto batu kandung kemih raksasa baru-baru ini berhasil viral di media sosial Vietnam. Beberapa media Vietnam telah melaporkan kasus seorang wanita berusia 34 tahun yang muncul di ruang gawat darurat Rumah Sakit Umum Phu Binh di Thay Nguyen.

Wanita tersebut mengeluh sakit parah pada perutnya. Setelah menjalankan beberapa tes, CT scan mengungkapkan bahwa wanita itu memiliki benda bulat yang sangat besar di perutnya. Ia pun dijadwalkan untuk melakukan operasi darurat.

 batu kandung kemih

Kabarnya sebongkah batu dengan panjang lebih dari 10 cm dan berat 400 gram berhasil dikeluarkan dari kandung kemihnya. Laporan berita tidak memberikan terlalu banyak informasi tentang kasus ini.

Namun, foto menyertakan CT scan, serta seorang perawat medis tengah berpose dengan batu raksasa ini. Tentunya ini jelas pemandangan yang cukup langka di rumah sakit. Menurut laporan kasus 2014 di Jurnal Urologi Turki, batu vesikal raksasa dengan berat lebih dari 100 gram jarang ada.

Sebagaimana dilansir Oddity Central, Selasa (19/1/2021), kurang dari 85 kasus dilaporkan di Inggris selama bertahun-tahun yang melibatkan bobot batu lebih dari 100 gram. Jika dikonfirmasi, batu seberat 400 gram ini pasti memenuhi syarat sebagai keanehan medis.

Sebab ukuran seperti ini jauh dari batu kandung kemih terbesar yang pernah tercatat. Kembali pada 2016, dokter Tiongkok melaporkan kasus seorang pria berusia 54 tahun yang memiliki batu kandung kemih seberat 1.048 gram di kandung kemihnya.

Itu menjadi batu kandung kemih terbesar yang pernah tercatat di Tiongkok. Foto-foto batu kandung kemih 400 gram milik wanita berusia 34 tahun itu menjadi viral di Vietnam selama beberapa hari terakhir. Sebagian besar pengguna mengaku tidak percaya tentang bagaimana rasa sakit yang dialami wanita tersebut.

“Saya hanya memiliki sedikit pasir, tapi saya merasakan sakit yang luar biasa. Bagaimana orang ini bisa menahan rasa sakit yang disebabkan oleh hal ini? " tanya seorang netizen.

“Bagaimana dia tidak merasakan sakit sebelum batu itu menjadi sebesar ini. Alasan mengapa tubuh beberapa orang cenderung menghasilkan jenis deposit mineral yang tidak biasa ini masih belum diketahui,” terang netizen lainnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini