Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 20:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 481 2347310 jarang-diketahui-ini-4-manfaat-makanan-pedas-untuk-kesehatan-kjZHT2qhuL.jpg Makanan pedas ternyata memberi banyak manfaat kesehatan. (Foto: Penn Medicine)

MAKANAN pedas sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Hampir di setiap menu makanan pasti selalu ada varian rasa pedas.

Seperti dilansir Penn Medicine, Selasa (19/1/20201), makanan pedas yang berasal dari cabai terbentuk karena adanya kapsiasin di dalamnya. Senyawa inilah yang berperan penting untuk menghasilkan rasa pedas dan sensasi terbakar.

Baca juga: Pedasnya Ceker Ranjau, Cocok Disantap saat Hujan Tiba 

Namun di beberapa orang, makanan pedas justru menimbulkan masalah, salah satunya asam lambung. Padahal, konsumsi makanan pedas yang tepat akan memberikan beberapa manfaat kesehatan. Apa saja?

Ilustrasi makanan pedas

1. Menjaga kesehatan jantung

Rasa pedas yang berasal dari cabai merah terbukti membuat penggemarnya memiliki kadar lipoprotein densitas yang rendah atau disebut kolesterol jahat yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Benarkah Mengonsumsi Makanan Pedas Ampuh Legakan Hidung Tersumbat? 

2. Meningkatkan penurunan berat badan

Cabai memiliki senyawa kimia bernama kapsiasin yaitu komponen aktif yang berperan sebagai penghasil rasa pedas dan sensasi terbakar. Kapsiasin ini yang dapat membantu mengurangi kalori bahkan saat beristirahat, sehingga bisa meningkatkan penurunan berat badan.

3. Sebagai pereda nyeri

Rasa terbakar saat memakan cabai akan sama sensasinya jika hal tersebut diterapkan pada saraf-saraf yang sedang nyeri. Saat kapsiasin digunakan sebagai lotion atau krim akan menyebabkan sedikit rasa panas, perih, dan gatal.

Seorang dokter di Penn Internal Medicine Woodbury Height Jeffrey Millstein mengatakan, "Seiring waktu saraf yang nyeri akan memiliki kemampuan untuk memproses rasa sakit. Ini dapat membantu kondisi seperti arthritis dan cedera."

Baca juga: Yuk Picu Semangat dengan Makanan Pedas! 

4. Menjaga kesehatan usus

Saat kapsiasin masuk ke saluran pencernaan dan menempel di reseptor akan menciptakan bahan kimia anandamide yang terbukti mengurangi peradangan di usus.

Ilustrasi makanan pedas

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini