Efektif Hilangkan Ketombe, Ini 5 Manfaat Ajaib Daun Mimba untuk Rambut

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 21:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 611 2347236 efektif-hilangkan-ketombe-ini-5-manfaat-ajaib-daun-mimba-untuk-rambut-40PjwElRIS.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DAUN mimba mungkin terdengar asing di telinga kita. Daun ini berasal dari pohon mimba yang berasal dari India. Daun merupakan jenis tumbuhan obat yang digunakan selama ribuan tahan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan juga kecantikan.

Daun mimba dikenal karena khasiatnya sebagai antiseptik yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Tak hanya untuk kulit, daun mimba juga bermanfaat untuk rambut. Ia dapat membuat rambut kuat, indah, dan berkilau.

Adanya berbagai manfaat dari mimba, berikut ini manfaat mimba bagi rambut, dilansir dari Boldsky.

Menghilangkan Ketombe

Ketombe merupakan masalah umum pada kulit kepala yang sering dijumpai. Disebabkan jamur yang memakan sebum, ketombe adalah tanda kulit kepala yang tidak sehat. Mimba memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat untuk mengendalikan jamur, menenangkan kulit kepada dan juga membuat kulit kepala tidak kekeringan.

Caranya, hancurkan segenggam daun mimba sampai berbentuk pasta dan tambahkan satu sendok makan dadih. Oleskan pasta pada kulit kepala dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas sampai bersih dan biarkan rambut sampai kering. Gunakan seminggu sekali untuk hasil yang lebih baik.

Daun Mimba

Pembasmi Kutu

Kutu adalah serangga kecil pada kepala yang memakan darah dari kulit kepala dan menimbulkan rasa gatal luar biasa, iritasi serta rambut rontok. Bahkan mereka bertelur sehingga persebarannya sangat cepat. Ekstra mimba terbukti dapat mengusir kutu dengan cara memutus sirklus hidup kutu dan membersihkan kulit kepala.

Pijatkan minyak mimba pada kulit kepala selama 3-5 menit sebelum tidur. Biarkan semalaman dan cuci rambut dengan sampo di pagi hari. Menggunakannya secara teratur dapat mengurangi hingga menghilankan kutu rambut.

Menumbuhkan Rambut

Bahan kimia, sel kulit mati di kulit kepala, paparan sinar matahari, kotoran, polusi, dan kurangnya perawatan yang tepat berdampak buruk pada kesehatan rambut dan mengakibatkan masalah rambut, seperti memperlambat penumbuhan rambut dan rambut menipis.

Mimba memiliki sifat antijamur dan regeneratif yang dapat membersihkan kulit kepala sehingga merangsang akar rambut dan mendorong pertumbuhan rambut.

Pijatkan minyak mimba di kulit kepala selama beberapa menit. Biarkan selama satu jam, lalu, cuci rambut. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan merangsang folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Menambah Kilau Rambut

Seringnya penggunaan alat penata rambut dan perawatan rambut yang tidak tepat dapat merusak kutikula rambut sehingga kusam dan rusak. Asam lemak esensial dan antioksidan yang terkandung dalam mimba dapat mngatasi kerusakan rambut dan memperbaiki tekstur rambut Anda.

Rebus segenggam daun mimba dalam air selama kurang lebih 5 menit. Biarkan sampai dingin. Setelah mencuci rambut, bilas rambut Anda menggunakan air neem ini. Tunggu beberapa detik sebelum dibilas lagi.

Memperbaiki Rambut

Mimba mengandung vitamin E dan asam lemak yang membentuk perisai pelindung pada rambut sehingga lembut dan halus.

Oleskan minyak mimba ke rambut dari akar hingga ujung. Bungkus rambut dengan handuk panas. Diamkan selama 20 menit, lalu keramaskan rambut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini