Lewat Medsos, Akun @aliskamugemash Ungkap Sosok Diduga Predator Seksual, Waspada!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 612 2346857 lewat-medsos-akun-aliskamugemash-ungkap-sosok-diduga-predator-seksual-waspada-D3RZ7LpcFT.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Jagat maya belum lama ini dikejutkan dengan kehadiran akun Instagram @aliskamugemash ataupun unggahan @GRESAIDS di Twitter. Keduanya coba mengungkap sosok diduga predator seksual yang aksinya sudah memakan banyak korban.

Pria yang diduga predator seksual tersebut bernama Leonardus Wahyu Dewala atau dikenal juga dengan beberapa nama panggilan, misalnya Esa Dewala, Leonardus, Po, dan beberapa lainnya. Dia diketahui menebar jaring 'kharisma'-nya di wilayah Semarang, Magelang, Solo, Yogyakarta, dan wilayah sekitarnya.

Predator Seks

Medium yang digunakan adalah dating apps atau aplikasi kencan. Taktik yang sering dilakukan ialah membahas soal alis dan memuji alis korban. Dijelaskan di sana, aksinya ini diduga sudah dilakukan sejak 2013 bahkan lebih awal.

Ada beberapa fakta lain yang coba diungkap akun @aliskamugemash ataupun @GRESAIDS, berikut ulasannya:

1. Korban sudah ratusan

Akun @aliskamugemash sudah mengumpulkan 150-an pesan di DM dari para korban yang coba 'speak-up'. Berbagai cerita diterima dan diperlihatkan ke publik sesuai persetujuan korban.

Predator Seks

2. Punya hutang dengan korban

Dari cerita yang coba disampaikan korban, diketahui kalau diduga pelaku predator seksual ini menipu korban dengan iming-iming butuh laptop untuk kerja. Tidak hanya itu, dia pun diduga meminjam uang demi ayahnya yang sakit.

Soal ajakan yang mengarah ke ranah seksual, sosok ini diketahui menggunakan beberapa kalimat seperti, 'Kamu mau aku sewain apartemen? Tapi tinggalnya sama aku' atau 'Kamu kelihatannya hyper banget, enggak mungkin orang kayak kamu tahan LDR'.

Baca Juga : Tips Aman Main Dating Apps, Harus Curiga jika Dia Terlalu Sempurna

3. Tinggal di banyak lokasi

Ada korban yang menjelaskan kalau diduga pelaku tinggal di kost daerah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Tapi, sosok ini pun kerap wara-wiri di Semarang, Magelang, Yogyakarta, Solo, dan wilayah sekitarnya.

4. Mengaku sekolah di beberapa institusi

Predator Seks

Sosok yang digambarkan sebagai pria bertubuh pendek, berkulit putih, dengan wajah lumayan 'menjual' itu diduga juga memalsukan pendidikannya. Hasil research akun @aliskamugemash menemukan informasi bahwa pria ini diduga bersekolah di Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia, dengan nama Leonardus Wahyu Dewala.

Sementara itu, salah satu korban yang kena tipu sosok ini, Penyanyi Shena Malsiana mengaku sosok ini bersekolah S1 di ISI Yogyakarta, S2 di Universitas Gadjah Mada, dan S3 di Swiss.

"Gua pernah punya project bareng, terus gue baru tahu kalau dia bohong soal pendidikannya. Dia ngaku S1 ISI Yogya, S2 UGM, dan S3 di Swiss. Tipunya dia itu ngaruh ke projek yang waktu itu kita garap. Makanya gue emosi banget! Pas gue marah-marah konfrontasi ke dia, gue malah di-block," ungkapnya di Twitter.

5. Omongan manis penghasut korban

Sosok pria ini pun diduga menipu korban dengan image yang dia bangun sedemikian rupa. Beberapa ungkapan manis yang dia lontarkan ke korban antara lain;

'Aku yang bikin Omnibus Law', 'Yang bikin logo Trans Jakarta itu aku, loh', 'Bu Sri Mulyani tahu masa lalu aku', 'Aku bikin saham Blue Bird turun drastis', 'Tito Karnavian yang rekomendasiin guest house ini', 'Dulu aku pernah pakai ajudan', 'Aku deket banget sama Poppy Sovia. Waktu dia nikah, semua temenku chat aku nanyain aku enggak apa-apa kan. Yaelah aku tuh enggak pernah ada apa-apa saja dia', 'Om aku Bupati', 'Aku punya tanah sekian hektar', 'Yang jelas aku pion politik', 'Aku enggak mau minta tolong sama orang-orang besar di belakang aku. Nanti aku jadi senjata politik mereka'.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini