Hebat, Penyandang Disabilitas Ini Sukses Mendaki Gedung Pencakar Langit

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 612 2346935 hebat-penyandang-disabilitas-ini-sukses-mendaki-gedung-pencakar-langit-GOLzo6F5zW.jpg Naik gedung (Foto: NY Post)

Harus duduk di kursi roda karena mengidap paraplegia (kondisi paralis pada anggota tubuh bagian bawah) merupakan hal yang cukup berat. Namun keterbatasan tersebut tak menghalangi pria penyandang disabilitas satu ini untuk mendaki gedung pencakar langit di Hong Kong.

Ialah Lai Chi-Wai, yang seperti dilapor Ny Post, Selasa (19/1/2021) baru saja menjadi orang pertama yang sukses mendaki gedung pencakar langit di Hong Kong, setinggi lebih dari 249,9 meter dalam keadaan duduk di atas kursi roda.

 mendaki gedung pencakar langit

Aksi mendakinya ini, Lai Chi Wai lakukan pada akhir pekan lalu selama kurang lebih dari 10 jam. Ia bertekat bisa menaklukkan gedung pencakar langit tersebut, meski dalam kondisi harus duduk dan terikat di kursi roda, demi menggalang uang donasi untuk para pasien sumsum tulang belakang.

Kondisi paralis yang dialami oleh Lai di bagian tubuh bawahnya dimulai dari pinggang tersebut, berawal dari kecelakaan yang ia alami 10 tahun lalu. Tapi kondisi tubuhnya tak menyiutkan nyalinya untuk mendaki gedung pencakar langit, dan mengumpulkan dana demi pasien yang membutuhkan.

Mendaki gedung pencakar langit, pria berusia 37 tahun itu tak menampik ia juga merasakan takut.

“Aku cukup takut, kalau mendaki gunung aku bisa berpegangan pada batu atau lubang-lubang kecil. Tapi dengan kondisi gedung kaca ini, aku hanya bisa mengandalkan pada tali yang aku gantung,” kata Lai.

Aksi berani Lai tak sia-sia, diketahui lebih lanjut dengan aksinya ini ia berhasil mengumpulkan donasi sebanyak USD670639 atau kurang lebih Rp9,4 miliar.

Untuk diketahui, sebelumnya Lai pernah meraih titel sebagai juara Asia sebanyak empat kali untuk panjat tebing dan bahkan pernah bertengger sebagai peringkat delapan dunia. Setelah kecelakaan yang ia alami, Lai melanjutkan aksi pendakian dengan memasang kursi rodanya ke sistem katrol.

Sekitar lima hingga enam tahun yang lalu, ia sukses mendaki Gunung Lion Rock di Hong Kong, setinggi 1.624 kaki.

“Aku tahu, ada peluang aku bisa mendaki gunung, bahkan dengan kursi roda. Di satu sisi, aku lupa bahwa aku adalah penyandang disabilitas, masih bisa bermimpi dan masih bisa melakukan apa yang kusuka,” imbuhnya.

Meski tidak berhasil mencapai puncak gedung pencakar langit, karena alasan keamanan, Lai berharap dengan aksinya tersebut ia bisa mengirim mematahkan streotype tentang orang disabilitas.

“Beberapa orang tidak memahami kesulitan penyandang disabilitas, beberapa orang berpikir bahwa kami itu selalu lemah, kami butuh bantuan, kami butuh bantuan, kami butuh belas kasihan orang. Tapi, aku ingin memberi tahu semua orang, tidak harus seperti itu. Jika seorang penyandang disabilitas bisa bersinar, di saat yang sama mereka juga bisa mendatangkan kesempatan, harapan, membawa terang, dan mereka tidak harus dipandang lemah,” pungkas Lai.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini