Miliki 7 Penjara di Dalamnya, Rumah Ikonik Ini Dibanderol Rp2,1 Miliar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 612 2347019 miliki-7-penjara-di-dalamnya-rumah-ikonik-ini-dibanderol-rp2-1-miliar-ClpFTstqGO.jpg Rumah di Vermont, Amerika Serikat, memiliki tujuh penjara di dalamnya. (Foto: Joe Martin/Realtor/Oddity/Central)

ADA satu rumah ikonik yang menyita perhatian masyarakat belum lama ini. Rumah berwarna putih itu terletak di Guidhall yang merupakan kota kecil di Negara Bagian Vermont, Amerika Serikat. Bangunan rumah tersebut memiliki luas 2.190 meter persegi dan telah terdaftar di pasar real estate online Realtor selama dua bulan lamanya dengan banderol USD149 ribu atau setara Rp2,1 miliar.

Rumah unik ini memiliki empat kamar tidur, dua kamar mandi, lantai kayu dan langit-langit yang tinggi, serta halaman belakang bagus. Namun yang menarik dari rumah ini adalah adanya tujuh sel penjara yang letaknya saling berdekatan.

Baca juga: Unik! Rumah Ini Bisa Dilipat, Gampang Dipindah dan Cuma Butuh 3 Jam Dibangun 

Mungkin sedikit aneh terdapat penjara di dalam rumah yang terlihat ikonik ini. Namun, itu adalah penjara yang sebenarnya dahulu pernah digunakan untuk menahan orang hingga beberapa dekade yang lalu.

Rumah di Vermont, Amerika Serikat, memiliki tujuh penjara di dalamnya. (Foto: Facebook KGR Radio - Helena's Greatest Hits)

Sebagaimana dikutip dari Oddity Central, Senin (18/1/2021), bangunan ini dulunya adalah rumah sipir kota. Meski bangunan ini telah berpindah tangan beberapa kali, tapi penjara di dalamnya masih tetap utuh.

Baca juga: Ini Perumahan Terapung Paling Canggih di Dunia, Gampang Dipindahkan Lho 

Selama bertahun-tahun bangunan tersebut telah direnovasi dan menjadi rumah sebuah keluarga. Mereka masih tetap mempertahankan penjara di dalamnya.

"Itu (penjara) masih utuh sepenuhnya. Ada jeruji, ada segalanya, tapi rusak, jadi jelas bukan sesuatu yang bisa membuat seseorang masuk dan mulai menggunakannya. Ini membutuhkan renovasi. Tapi masih ada dan menempel di rumah," terang agensi real estate Jennifer Allen.

Meski tampak mencekam, tidak ada cerita menyeramkan tentang hantu maupun suara aneh dari rumah ini, walaupun dahulu dipakai untuk menampung para narapidana.

Baca juga: Ini Rumah Paling Sepi di Dunia, Berdiri Sendirian di Pulau Terpencil 

"Ada beberapa hal bersejarah seperti batu bata tua yang tidak bisa dibawa ke luar, tapi seseorang bisa mengambil jeruji dan mengubahnya menjadi ruang hidup. Penjual sedang mempertimbangkan untuk membuatnya menjadi ruang keluarga besar atau ruang pertemuan yang menempel di rumah," lanjutnya.

Sekadar diketahui, bangunan ini dibuat pada 1880 dan bekas penjara Essex County. Bangunan tersebut "pensiun" dari tugasnya pada 1969, dan sejak itu berfungsi sebagai rumah sebuah keluarga.

Rumah di Vermont, Amerika Serikat, memiliki tujuh penjara di dalamnya. (Foto: Facebook Love of New England Homes)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini