Share

7 Tips Meditasi untuk Pemula

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 612 2347066 7-tips-meditasi-untuk-pemula-kX1vgqQKkA.jpg Meditasi (Foto: Elite Healthcare)

Banyak selebriti Tanah Air yang mulai mendalami dunia meditasi. Sebut saja Raline Shah. Sepanjang tahun 2020 lalu, Raline kerap mengunggah potret dirinya saat sedang bermeditasi di Instagram.

Melansir Boldsky, Selasa (19/1/2021), meditasi didefinisikan sebagai praktik di mana seseorang menggunakan teknik khusus untuk memfokuskan pikiran mereka pada objek tertentu. Kegiatan ini diklaim memiliki sejumlah manfaat kesehatan, terutama kesehatan mental.

Nah, bagi Anda yang tertarik meditasi di rumah, berikut MNC Portal rangkumkan 7 tips meditasi untuk pemula.

meditasi

1. Lakukan secara perlahan

Anda tidak bisa langsung mengosongkan atau membebaskan semua pikiran saat duduk untuk bermeditasi. Semua itu hanya bisa dilakukan dengan tenang dan secara perlahan. Ini sangat penting untuk dilakukan, sehingga satu per satu beban pikiran akan hilang secara perlahan.

2. Cari posisi yang nyaman

Sebelum meditasi pastikan Anda mendapatkan posisi duduk yang nyaman, mengingat proses meditasi akan berlangsung selama beberapa menit. Sebagai rekomendasi, Anda bisa duduk di kursi dengan posisi kaki di lantai, duduk bersila, atau posisi apapun yang terasa nyaman bagi Anda.

3. Fokus pada pernapasan

Bagian meditasi yang sederhana namun tidak kalah penting adalah fokus pada pernapasan. Cara paling mudah dengan merasakan proses pernapasan melalui mulut, perut atau hidung.

 

4. Ikuti alur pernapasan selama dua menit

Tarik napas dalam-dalam, kembangkan perut Anda, lalu buang napas perlahan. Kemudian kontraksikan perut Anda. Lakukanlah hal ini selama kurang lebih dua menit.

5. Tetapkan batas waktu

Untuk pemula, Anda bisa memulai dengan menetapkan batas waktu meditasi selama 5 atau 10 menit. Setelah merasa nyaman, Anda bisa meningkatkan batas waktu tersebut secara bertahap.

6. Jaga pikiran agar tetap terkendali

Jika pikiran Anda ‘mengembara’ selama meditasi, jangan khawatir. Itu merupakan hal yang wajar dan normal. Namun ketika menyadari bahwa perhatian Anda telah menyimpang, segera kembalikan fokus secera perlahan pada napas Anda. Jangan terburu-buru, kembalilah ke pernapasan Anda dengan kesadaran.

7. Visualisasikan

Cara ini dapat membantu orang-orang yang memiliki imajinasi aktif. Visualisasi membantu meningkatkan kualitas dan perhatian meditasi Anda, serta menuai lebih banyak manfaat. Namun perlu digarisbawahi, tidak ada teknik khusus untuk melakukannya. Anda lah yang harus berkreasi memvisualisasikan warna, orang, ruang, atau diri Anda sendiri.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini