5 Makanan Anda yang Aman Diberikan ke Kucing

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 612 2347161 5-makanan-anda-yang-aman-diberikan-ke-kucing-TzINfOSjmU.jpg Kucing makan (Foto: Raw fed cats)

Memelihara kucing selama masa pandemi Covid-19 tentu sangat menyenangkan. Selain itu kucing juga tidak terlalu rewel dalam hal makan. Hewan lucu berkaki empat ini dapat memakan banyak pilihan jenis makanan yang ada.

Tak hanya makanan khusus kucing, mereka juga bisa mengonsumsi makanan manusia loh. Alhasil Anda tidak perlu bingung saat memberi mereka makan. Merangkum dari World of Buzz, Selasa (19/1/2021), berikut lima makanan manusia yang aman dikonsumsi oleh kucing.

 ikan salmon

1. Salmon

Selain aman, salmon juga menjadi makanan yang menyehatkan bagi kucing. Salmon merupakan sumber protein yang baik. Makanan ini juga mengandung asam lemak Omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi yang bagus untuk kucing yang menderita alergi dan kulit kering.

Kucing Anda akan memiliki bulu yang tampak lebih berkilau dan lebih sedikit rontok berkat nutrisi yang ada di dalam salmon.

Saran penyajian: Salmon harus dimasak sebelum disajikan kepada kucing. Sebab mereka bisa sakit bila memakannya mentah. Direkomendasikan untuk memanggang salmon di atas kertas roti, untuk mempertahankan nutrisinya.

2. Serpihan bonito

Kucing menyukai rasa serpihan bonito dan sering menganggapnya sangat menarik! Bonito adalah ikan bertulang yang berasal dari keluarga tuna. Mereka dianggap sehat untuk kucing karena memiliki manfaat sebagai berikut.

Kaya protein, rendah karbohidrat, mengandung taurin yang merupakan asam amino esensial, memiliki kandungan natrium yang rendah, mengandung minyak ikan yang baik untuk melawan infeksi saluran kemih kucing dan mengurangi kerontokan bulu dan meningkatkan kesehatan kulit.

Saran penyajian: Kucing dapat memakannya secara langsung dari wadah atau dihancurkan dan ditaburkan di atas makanannya. Sebaiknya beli serpihan bonito yang tidak mengandung pengawet atau aditif.

3. Kepiting

Daging kepiting kaya protein dan dikemas dengan asam amino esensial dan asam lemak Omega-3. Selain itu, kepiting juga kaya akan vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan oleh kucing dan hewan lainnya.

Saran Penyajian: Keluarkan semua daging kepiting dari cangkangnya dan pastikan tidak ada sisa cangkang yang bisa membuat kucing Anda tersedak. Kukus daging kepiting dan siap disajikan. Daging kepiting mengandung sodium yang cukup tinggi, jadi pastikan ini diberikan sebagai camilan saja.

4. Ayam

Mengonsumsi daging ayam memberi mereka protein dan energi yang dibutuhkan sepanjang hari. Daging ayam berkualitas tinggi juga kaya akan Omega-6 yang membantu menjaga kesehatan kulit, bulu dan otot.

Selain itu, vitamin B kompleks yang ditemukan dalam ayam juga membantu mendukung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kucing.

Saran Penyajian: Selalu sajikan ayam yang sudah dimasak. Sebab daging ayam mentah akan membuat kucing menjadi mual. Cara paling sederhana adalah dengan mengukus atau merebus ayam.

5. Tuna

Kucing bisa ketagihan makan tuna. Mereka menyukai bau dan rasa amis yang kuat dan akan melahap semua jenis tuna. Kucing bahkan dapat dimanjakan dengan tuna karena mereka mungkin mulai berpaling dari makanan biasa.

Ikan tuna mengandung banyak protein dan juga rendah karbohidrat, seperti banyak makanan yang disebutkan di atas. Mereka juga menghasilkan asam lemak Omega-3 yang menjaga kesehatan kulit dan bulu secara keseluruhan, serta memperbaiki kondisi peradangan seperti alergi dan radang sendi.

Pilih tuna putih daripada tuna merah. Ini menawarkan rasa berlemak yang lebih kaya yang akan disukai kucing.

Saran penyajian: Keluarkan semua tulang dan panggang ikan dengan kertas roti. Jangan tambahkan bahan tambahan apapun karena tuna sudah memiliki rasa yang sangat kuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini