Seniman Ini Ukir Lantai Kayu Jadi Karpet, Hasilnya Sangat Indah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 22:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 612 2347334 seniman-ini-ukir-lantai-kayu-jadi-karpet-hasilnya-sangat-indah-WYeNwS2dJJ.png Seniman bernama Selva Aparicio mengukir lantai kayu menjadi karpet indah. (Foto: Selva Aparicio/Oddity Central)

KARPET menjadi salah satu perlengkapan penting dalam dekorasi suatu rumah. Hunian akan tampak lebih cantik apabila diberi sentuhan karpet. Namun lain halnya dengan seorang seniman asal Spanyol bernama Selva Aparicio ini. Ia justru membuat karpet dari lantai rumahnya.

Pada umumnya karpet terbuat dari kain halus dengan sejumlah motif yang cantik dan indah. Tapi, Aparicio memutuskan membuat sesuatu yang berbeda terkait dengan karpet.

Baca juga: Sederet Tips Merawat Karpet Handmade Biar Enggak Cepat Rusak 

Awalnya hasil karya seni Aparicio diluncurkan pada 2017. Childhood Memories adalah instalasi yang secara visual dibuat oleh Selva Aparicio yang merupakan seorang seniman berbakat. Ia kerap membuat karya yang membahas berbagai topik, mulai politik hingga lingkungan.

Lantai kayu diukir menjadi karpet indah. (Foto: Selva Aparicio/Oddity Central)

Dikutip dari Oddity Central, Selasa (19/1/2021), Aparicio melalui waktu berhari-hari untuk mengukir dengan tangan pola karpet yang rumit di atas lantai kayu yang telah dibuang. Meskipun tampak sedikit aneh, ternyata hasilnya sangat realistis.

Baca juga: Sering Lihat Spanduk Lukis di Warung Pecel Lele? Ini Sosok Pembuatnya 

Alhasil, beberapa orang tidak menyadari bahwa itu bukanlah karpet asli. Mereka baru menyadari hal tersebut ketika berjalan mendekat.

"Saya mempresentasikan instalasi ini sebagai tesis saya selama MFA saya di Universitas Yale. Karpet biasanya dihiasi dengan taman dan oasis suci, dan dapat dipindahkan ke sekitar rumah. Tapi karpet ini tetap diam, dan berfungsi selama bertahun-tahun menemani keluarga," terang Aparicio.

Menurut dia, cara ini juga dapat menutupi goresan yang ada di lantai. "Kenangan saya terukir secara permanen, jadi kain lembutnya terwakili dalam bekas ukiran tangan di lantai kayu yang dibuang," tambahnya.

Meskipun kenangan masa kecil memiliki makna yang lebih dalam daripada yang terlihat, konsep asli dan eksekusi tanpa cela-lah yang dilakukan Aparicio membuat foto-fotonya menjadi viral di Facebook.

Ribuan orang menyukai karya seni Aparicio membagikannya serta memuji keterampilan yang dimiliki seniman ini.

Baca juga: Cek Fakta: Cara Dokter Suntik Presiden Jokowi Salah? 

Lantai kayu diukir menjadi karpet indah. (Foto: Selva Aparicio/Oddity Central)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini