Asal Mula Stargazy Pie, Hidangan Pai Paling Seram Asal Inggris

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 03:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 298 2347355 asal-mula-stargazy-pie-hidangan-pai-paling-seram-asal-inggris-rChCYMxwDh.jpg Stargazy pie jadi hidangan pai paling menyeramkan. (Foto: Instagram @norikovsky)

INGGRIS merupakan rumah dari berbagai macam makanan pai. Mulai pai klasik hingga pai apel. Tapi dari sekian banyak pai yang tersedia, stargazy pie bisa menjadi yang paling unik sekaligus menyeramkan. Penampilan pai ini justru jauh dari indah dari kebanyakan pai lainnya

Sebagaimana diketahui, stargazy pie adalah hidangan pai dengan kepala ikan yang menonjol keluar dan menghadap langsung ke atas. Kepala atau ekor ikan sarden itu sengaja dibentuk untuk mencuat dari permukaan adonan pai. Bagi sebagian orang bentuk seperti ini tidak terlihat lezat dan justru menyeramkan.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Cegah Iritasi Kulit Akibat Terlalu Lama Pakai Masker 

Sebagaimana dilansir Oddity Central, Senin (18/1/2021), legenda munculnya stargazy pie sebenarnya berawal dari kebutuhan. Menurut cerita yang beredar pada suatu malam yang dingin, sekira abad ke-16, cuaca sangat buruk sehingga penduduk Mousehole di Cornwall, Inggris, tidak bisa pergi melaut untuk mencari ikan dan dihadapi dalam situasi kelaparan.

Stargazy pie hidangan pai paling menyeramkan. (Foto: Instagram @norikovsky)

Beruntung seorang pahlawan lokal berhasil membuat langkah menakjubkan untuk menyelamatkan semua orang. Tom Bawcock yang merupakan nelayan lokal naik ke kapalnya dan keluar menuju laut di tengah badai. Ia pun akhirnya kembali dengan tangkapan legendaris yang mencakup tujuh jenis ikan.

Baca juga: Hari Ini Polisi Gelar Perkara Kasus Kerumunan Raffi Ahmad

Ikan tersebut terdiri dari belut pasir, makarel kuda, pilchards, herring, dogfish, ling; sementara ikan ketujuh tidak dikenal jenisnya. Legenda mengatakan bahwa seluruh tangkapan Bawcock dipanggang menjadi pai raksasa dengan kepala ikan menyembul melalui adonan untuk membuktikan ada ikan di dalamnya.

Keberanian Bawcock ini telah dirayakan setiap 23 Desember di The Ship Inn di Mousehole selama ratusan tahun. Perayaan tahunan yang dikenal sebagai Tom Bawcock’s Eve menarik perhatian masyarakat untuk ke penginapan setempat di mana stargazy pie raksasa disajikan kepada para pelanggan secara gratis.

Tapi Tom Bawcock’s Eve tidak hanya menyediakan stargazy pie. Ada banyak pai yang dibuat oleh banyak koki dan itu bahkan merupakan hidangan pemenang acara Great British Menu Musim 2002 dari BBC.

Bahan utama stargazy pie adalah pilchard (sarden), namun kadang kala makerel atau herring juga digunakan sebagai penggantinya. Beberapa juru masak percaya bahwa ikan putih apa pun bisa digunakan untuk isian pai ini. Tetapi kepala sarden yang menonjol keluar pai sangat penting dalam penyajian.

Baca juga: Kurang Makan Buah dan Sayuran, Tubuh Bisa Alami 6 Efek Buruk Ini 

Stargazy pie terdiri dari isian yang terbuat dari berbagai jenis ikan di dalamnya. Ikan tersebut dipanggang dengan campuran herba dan kulit lemon. Semuanya dicampur dengan telur parut, kentang tumbuk, dan krim, kemudian ditutup dengan lapisan kue cornish.

Stargazy pie hidangan pai paling menyeramkan. (Foto: Instagram @the_cornish_chef)

Kepala dan ekor ikan kemudian dimasukkan ke adonan pai dan semuanya dimasak ke oven. Sementara beberapa orang hanya menambahkan kepala pilchard untuk hiasan. Beberapa juru masak mengklaim bahwa menambahkan ikan utuh membuat stargazy pie menjadi lebih baik.

Baca juga: Seniman Ini Ukir Lantai Kayu Jadi Karpet, Hasilnya Sangat Indah 

Kabarnya posisi ikan yang diletakkan secara horizontal memungkinkan minyak yang dikeluarkan saat dimasak mengalir ke dalam pai. Minyak ini akan membuat pai menjadi lembap dan lebih beraroma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini