Benarkah Ayam Geprek di Jakarta dan Yogya Berbeda? Ini Jawabannya

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 298 2347907 benarkah-ayam-geprek-di-jakarta-dan-yogya-berbeda-ini-jawabannya-gWxlpiyBGc.jpg Ayam geprek. (Foto: Instagram @kedaidapurcobek)

SIAPA yang suka makan ayam geprek? Cukup banyak orang menyukai hidangan ayam dengan cita rasa pedas dan gurih ini, apalagi sangat mudah ditemui di berbagai tempat.

Ayam geprek merupakan sebuah hidangan yang terdiri dari ayam tepung, sambal pedas, dengan nasi hangat. Ayam ini sangat digemari oleh para pencinta makanan pedas, karena rasa dari sambalnya yang sangat menantang dengan tingkat kepedasannya yang berbeda-beda.

Baca juga: Resep Ayam Geprek Sambal Korek yang Nendang, Coba Yuk! 

Namun ternyata banyak orang menganggap ayam geprek yang dijual di Jakarta bukanlah yang sesungguhnya. Mereka juga mengatakan ayam yang dijual ini tidak seenak dengan yang ada di Yogya.

Ayam geprek. (Foto: TikTok @javafoodie)

Pasalnya, ayam geprek yang di jual di Jakarta tidak benar-benar digeprek sampai hancur. Ayam-ayam itu hanya di geprek 1 sampai 2 kali untuk sekadar menggepengkan ayamnya, kemudian baru diolesi sambal.

Baca juga: Gara-Gara Ayam Geprek, Chef Arnold Poernomo Dibully Netizen 

Seperti dalam sebuah video yang beredar di TikTok, seorang pria membandingkan cara membuat atau menghidangkan ayam geprek di Jakarta dengan Yogya.

Video yang diunggah oleh akun @javafoodie ini menunjukkan cara membuat ayam geprek yang sesungguhnya yaitu dengan menghancurkan atau menumbuk ayam beserta cabai dan bumbu lainnya sampai hancur dan menyatu dengan sambalnya.

Hal ini juga membuat warganet heboh terkait mana ayam geprek dari kedua versi ini. Dalam video yang sudah ditonton 3 juta kali ini banyak netizen mengomentari kalau ayam geprek di Jakarta sangat aneh dan kurang layak disebut dengan ayam geprek.

"Kalau di Jakarta namanya bukan ayam geprek, ayam elus," tulis salah seorang netizen.

"Kalau digeprek 1–2 kali namanya ayam penyet," komentar @Ekadcahyo.

Baca juga: Kelewat Kreatif, Warung Ayam Geprek di Malang Bikin Netizen Emosi 

Ayam geprek. (Foto: TikTok @javafoodie)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini