5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 298 2347962 5-makanan-sehat-yang-baik-dikonsumsikan-setelah-melahirkan-A4F8PR0Kcv.jpg Kurma salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi setelah melahirkan. (Foto: Huffingtonpost)

SETELAH melahirkan, seorang ibu harus tetap menjaga makanan sehat yang dikonsumsi. Apa yang ia makan setelah melahirkan dapat membantu mengumpulkan energi selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, untuk memulihkan fisiknya.

Penting untuk mengetahui makanan sehat yang bergizi dan seimbang setelah melahirkan. Hal ini juga demi membantu menjaga kesehatan bayi jika Anda memilih untuk memberinya ASI.

Baca juga: Viral Ibu Muda Lahiran Sambil Makeup, Netizen: Serasa Lagi Arisan 

Seperti dinukil dari Healthline, Rabu (20/1/2021), berikut ini makanan sehat yang bisa dikonsumsi para ibu setelah melahirkan.

Sup ayam kampung

1. Sup ayam

Diperkirakan wanita menyusui membutuhkan lebih banyak cairan per hari dibandingkan wanita yang tidak menyusui. Sup ayam merupakan makanan yang pas dikonsumsi setelah melahirkan. Kaldunya yang melembapkan dan rasanya yang asin untuk mengisi elektrolit secara alami, dan karbohidrat yang hambar membantu memudahkan Anda makan.

2. Biskuit asin

Makan biskuit asin dapat memberikan manfaat karbohidrat dan elektrolit yang sama untuk membantu Anda membangun kembali energi secara perlahan. Biskuit juga merupakan obat yang biasa direkomendasikan untuk mengatasi mual selama kehamilan.

Baca juga: Panduan Melahirkan bagi Ibu Hamil Positif Corona 

3. Kurma

Satu studi kecil menemukan bahwa mengkonsumsi kurma setelah melahirkan mengakibatkan lebih sedikit kehilangan darah dan pendarahan dibandingkan ketika diberikan oksitosin. Kurma juga merupakan sumber gula sederhana yang luar biasa untuk membantu memberi dorongan energi yang cepat setelah melahirkan.

4. Oatmeal buah

Sembelit juga merupakan efek samping yang umum terjadi setelah melahirkan karena hormon kehamilan. Oatmeal adalah karbohidrat lembut lainnya yang relatif hambar untuk mengisi kembali simpanan glikogen yang sudah usang dengan 4 hingga 6 gram dari serat peningkat kotoran. Tambahkan dengan buah segar atau kering untuk kebaikan ekstra sehat. Kandungan galactagogue dalam oatmeal diduga dapat meningkatkan suplai ASI.

Baca juga: Kisah Viral Penantian 2 Dekade, Pasangan Ini Akhirnya Punya Anak 

5. Telur

Telur adalah sumber protein penting untuk membantu meredakan nyeri otot yang telah berkontraksi tanpa henti selama proses melahirkan. Penelitian telah menemukan hubungan antara tingkat omega-3 yang rendah dari dan depresi pasca-persalinan dan suplemen itu dapat membantu mengurangi risiko Anda.

Telur bayam. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini