Manfaat Sawi untuk Kesehatan, Salah Satunya Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 23:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 298 2347966 manfaat-sawi-untuk-kesehatan-salah-satunya-tingkatkan-kekebalan-tubuh-JS5WJTKkMq.png Sawi memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Shutterstock)

BANYAK jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi sebagai asupan serat, vitamin, dan protein. Salah satunya adalah sawi yang sudah tak asing lagi, dan dipakai sebagai bahan masakkan.

Dirangkum dari laman Healthline, Rabu (20/1/2021), sawi merupakan sayuran rendah kalori, kaya akan serat dan mikronutrien. Baik juga dikonsumsi setiap hari.

Baca juga: Sawi Gulung, Hidangan Lezat Kaya Manfaat 

Selain itu terdapat manfaat lainnya, berikut ini tiga di antaranya:

Sayur sawi. (Foto: @selerarasa)

1. Cegah stres

Antioksidan adalah senyawa tanaman alami, membantu melindungi dari stres oksidatif yang disebabkan radikal bebas berlebihan.

Oleh karena itu, sawi merupakan sumber antioksidan yang kaya seperti flavonoid, beta karoten, lutein, dan vitamin C dan E.

Baca juga: 5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsikan Setelah Melahirkan 

2. Vitamin K

Sayuran sawi mentah dan matang adalah sumber vitamin K yang cukup banyak. Dikenal memberi peran penting dalam mencegah pembekuan darah. Hal ini juga terbukti penting untuk kesehatan jantung dan tulang.

3. Tingkatkan kekebalan tubuh

Bagi Anda yang sedang menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkannya, tidak ada salahnya mengonsumsi sawi sebagai sumbernya. Sekira 140 gram sawi yang sudah dimasak terdapat vitamin C dan E yang baik untuk mempertahankan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: Miliki Banyak Nutrisi, Ini Khasiat Jus Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh 

Sawi gulung

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini