Makan 1 Alpukat Sehari, Manfaat Besar Ini Akan Didapat

Diana Rafikasari, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 298 2347993 makan-1-alpukat-sehari-manfaat-besar-ini-akan-didapat-vjm44zhZhZ.jpg Buah alpukat memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Jcomp/Freepik)

ALPUKAT adalah salah satu buah yang banyak digemari orang-orang. Selain rasanya enak, alpukat juga mengandung banyak nutrisi.

Dikutip dari Verrywell Health, Kamis (21/1/2021), sebuah studi baru menunjukkan bahwa makan satu alpukat sehari dapat membantu menjaga mikroba di usus tetap sehat, beragam, dan seimbang. Temuan ini sudah dipublikasikan di The Journal of Nutrition pada Agustus lalu.

Baca juga: Fakta Buah Alpukat yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Makanan Mewah 

"Kami telah mengetahui untuk beberapa waktu bahwa orang harus makan lebih banyak serat untuk kesehatan usus, tapi sekarang ada penelitian untuk membuktikannya dalam hal kebaikan hijau yang kita semua tahu dan cintai, alpukat," kata Elizabeth Shaw MS RD, penulis serta ahli diet di California, Amerika Serikat.

Alpukat. (Foto: Lifehack)

Penelitian yang didukung oleh Hass Avocado Board ini mengikuti kesehatan dan diet 163 orang dewasa yang kelebihan berat badan. Satu kelompok diminta untuk makan satu buah alpukat hass sehari dan kelompok lainnya tidak.

Pada partisipan yang makan satu buah alpukat per hari selama 12 minggu, para peneliti mengamati perubahan positif pada bakteri usus. Peneliti juga menemukan adanya peningkatan keragaman bakteri.

Baca juga: 6 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Kulit yang Perlu Kamu Ketahui 

"Para peserta tidak hanya meningkatkan kesehatan usus mereka dengan konsumsi alpukat, tetapi mereka tidak harus mengikuti diet ketat dan menghilangkan makanan," ungkap Shaw.

Penting untuk diingat bahwa temuan studi tunggal tidak dapat digeneralisasikan untuk populasi yang lebih besar. Namun, hasil uji coba baru-baru ini menambah bukti bahwa alpukat membantu mengelola mikrobioma usus.

Studi kecil lainnya yang didukung oleh Haas Avocado Board menemukan bahwa mikrobiota usus orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas berbeda dalam menanggapi diet, termasuk alpukat dibandingkan dengan kontrol.

"Seringkali, klien yang membatasi asupan mereka untuk mengikuti pola diet tertentu akhirnya kehilangan kemajuan yang mereka buat dalam kesehatan mereka secara keseluruhan karena itu tidak berkelanjutan," jelas Shaw.

Baca juga: 4 Manfaat Alpukat untuk Rambutmu, Dicoba Yuk 

"Ini menunjukkan bahwa menambahkan makanan yang menyehatkan jantung seperti alpukat ke dalam diet seimbang menjadi tren diet baru yang bagus untuk meningkatkan kesehatan usus Anda," sambungnya.

Alpukat

Institute of Medicine (IOM) merekomendasikan asupan serat harian mulai dari 19 gram hingga 38 gram per hari, tergantung pada beberapa faktor seperti usia Anda. Memasukkan makanan seperti alpukat dalam diet sehat dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Baca juga: Deretan Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Berolahraga 

Serat buah, seperti pektin, telah terbukti meningkatkan mikrobioma usus yang sehat. Ilmuwan menyarankan ini karena efek positif pektin pada probiotik hidup yang bermanfaat.

Serat juga dapat melindungi lapisan usus besar dengan meningkatkan massa dan berat feses serta mempercepat pembuangan. Serat juga menambah makanan Anda secara massal dan memperlambat kecepatan pencernaan, yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini