Obat dan Vitamin Belum Ampuh Atasi Covid-19, Ini Penjelasan IDI

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 481 2347520 obat-dan-vitamin-belum-ampuh-atasi-covid-19-ini-penjelasan-idi-iJL8LOIr66.jpg Ilustrasi virus corona covid-19. (Foto: Shutterstock)

SESEORANG yang terinfeksi virus corona atau covid-19 diwajibkan mendapat perawatan maksimal dan khusus. Misalnya, mengonsumsi obat-obatan hingga vitamin yang dipercaya menangkal wabah penyakit tersebut.

Terkait hal ini, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Daeng Mohammad Faqih mengatakan obat-obatan dan vitamin yang diberikan kepada pasien covid-19 sifatnya bukanlah menyembuhkan. Namun, hanya sebagai langkah untuk mempertahankan kekebalan atau imun di dalam tubuh pasien itu sendiri.

Baca juga: Ketum IDI: Tujuan Vaksinasi untuk Cepat Terbentuknya Kekebalan Tubuh Masyarakat 

"Obat-obatan yang dipakai ini adalah bagian ikhtiar sebenarnya untuk mempertahankan kondisi pasien yang sedang terkena covid-19," terang Daeng saat diskusi publik daring bertajuk 'Pencegahan dan Pengobatan Covid-19: Apa yang Bisa Dilakukan?', Selasa 19 Januari 2021.

"Dan secara spesifik pengobatan untuk corona ini belum ditemukan," tambahnya.

Ia menegaskan, obat-obatan dan vitamin yang dikonsumsi pasien covid-19 selama masa penyembuhan tidak sepenuhnya dapat membunuh wabah penyakit tersebut. Akan tetapi, tubuh pasien tersebut dapat membentuk kembali imunnya dan mempertahankannya.

Baca juga: Ketum IDI Jelaskan Alasan Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas Disuntik Vaksin Covid-19 

Sejauh ini, kata dia, para peneliti telah mengkaji serta meneliti lebih dalam obat apa yang benar-benar bisa membunuh virus corona.

"Memang lagi diteliti, tapi obat-obatan yang dipakai atau metode-metode yang lainnya," ungkapnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini