Yuk Bikin Pelembap Pencegah Iritasi Kulit Akibat Masker, Begini Caranya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 481 2347527 yuk-bikin-pelembap-pencegah-iritasi-kulit-akibat-masker-begini-caranya-2f08Rj5Kc4.jpg Ilustrasi masker wajah. (Foto: User3802032/Freepik)

TERLALU lama memakai masker wajah selama masa pandemi covid-19 tentu menyebabkan masalah kesehatan. Salah satunya adalah munculnya iritasi kulit di bagian yang sering tertutup masker. Tentunya hal ini sangat mengganggu karena dapat merusak penampilan seseorang.

Meski demikian, hal itu bisa dicegah dengan melakukan perawatan terhadap wajah. Khususnya pada daerah hidung dan mulut di mana sering tertutup oleh masker dalam waktu yang lama. Tidak membutuhkan produk mahal, seseorang bahkan bisa membuat sendiri ramuan untuk merawat kulit di rumah.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Cegah Iritasi Kulit Akibat Terlalu Lama Pakai Masker 

"Jika Anda mengalami kekeringan, iritasi, atau gatal yang berlebihan setelah menggunakan masker, Anda juga bisa membuat masker alami yang melembapkan. Anda hanya membutuhkan tiga bahan sederhana," ungkap pakar kesehatan Laura Chacon-Garbato dalam keterangan yang diterima MNC Portal, Selasa 19 Januari 2021.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah:

- 3 sendok makan oatmeal

- 2 sendok makan gel lidah buaya

- 1 sendok makan madu

Baca juga: 6 Cara Atasi Iritasi Kulit Akibat Sering Gunakan Antiseptik 

Cara Membuat:

1. Masak oatmeal dengan 2 sendok makan air selama 20 sampai 30 detik.

2. Keluarkan dari microwave dan tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok makan madu ke dalam oatmeal panas.

3. Biarkan oatmeal dingin lalu oleskan ke wajah, sebaiknya dengan facial brush. Biarkan selama 15 hingga 20 menit.

"Oatmeal dan madu dikenal dengan khasiatnya yang melembapkan, dan gel lidah buaya mengandung kondisioner yang dapat melembapkan kulit. Terakhir, cuci bersih wajah menggunakan air hangat dan pembersih bebas sulfat," tuntas Laura.

Baca juga: 4 Obat Rumahan yang Ampuh Atasi Gatal karena Gigitan Nyamuk 

Masker. (Foto: OrnaW/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini