Pentingnya ASI bagi Bayi di Masa Pandemi

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 481 2347778 pentingnya-asi-bagi-bayi-di-masa-pandemi-uHhs5wWROl.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Today Show)

Memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif kepada bayi sangatlah peting bagi pertumbuhan sang buah hati. Selain itu juga dapat membentuk imun, dan jadi sumber daya tahan tubuh.

"ASI bisa meningkatkan imun, itu yang paling baik," terang Ketua Tim Peneliti Health Collaborative Center (HCC), Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK saat webinar bertajuk 89% Ibu Menyusui Selama Masa Pandemi Covid-19 Berhasil Menyusui ASI Secara Eksklusif, Rabu (20/1/21).

bayi

"Kemudian kolostrum yang diberikan di beberapa jam pertama setelah bayi lahir itu mengandung sekretori imunoglobulin A, yang dapat meningkatkan imun bayi. Jadi penting sekali ASI bagi bayi di masa-masa pandemi," tambahnya.

Pemberian ASI eksklusif juga penting supaya bayi terhindar dari infeksi virus, seperti Covid-19. Hal ini dikarenakan kandungan sekretori imunoglobulin A, dapat memperkebal ketahanan imun bayi.

Selain itu, kata dr. Ray, seorang ibu tak ada alasan untuk tidak meberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, ASI sangat dibutuhkan oleh bayi.

Sebagai pengetahuan, sekretori imunoglobulin A merupakan antibodi yang berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini